Breaking News:

Gempa Sulbar

Jaringan Listrik PLN Putus, FTI UMI Bikin Pembangkit Tenaga Surya untuk Korban Gempa Bumi di Majene

Jaringan listrik PLN putus, FTI UMI bikin pembangkit tenaga surya untuk korban gempa bumi di Majene.

DOK FTI UMI
Panel surya yang telah dirakit Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa FTI UMI, di posko FTI UMI, di Jl Melati, Banggai Timur, Majene, Sulbar. Perangkat tersebut akan dibagikan kepada korban gempa bumi di Kecamatan Ulumanda dan Malunda mulai, Senin (25/1/2021) besok. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Gempa bumi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, tak hanya merusak bangunan, melukai warga, dan menelan korban jiwa.

Jaringan listrik milik PT PLN (Persero) juga terputus di sejumlah wilayah, termasuk di dekat pusat gempa, di Kecamatan Ulumanda.

Akibatnya, warga harus berjuang untuk mendapatkan penerangan seadanya pada malam hari, termasuk untuk men-charge telepon genggam.

Mengantisipasi krisis penerangan, Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia atau FTI UMI membuat pembangkit listrik tenaga surya (solar cell).

Dekan FTI UMI, Dr Ir Zakir Sabara H Wata ST MT IPM ASEAN Eng mengatakan, ada 30 panel surya sedang dirakit di posko FTI UMI, di Jl Melati, Banggai Timur, Majene.

"Insya Allah mulai Senin besok akan dipasang 10 panel tahap pertama di Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda," kata Zakir Sabara H Wata, Ahad atau Minggu (24/12/2021).

Panel akan dipasang di rumah warga atau tenda pengungsian.

Rencana pemasangan panel surya juga telah diungkapkan Zakir Sabara H Wata saat menjadi narasumber siaran Mata Najwa episode, Rabu (20/1/2021), yang bertema "Dikepung Bencana".

Zakir Sabara H Wata menjelaskan, 1 panel surya bisa menghasilkan listrik sebanyak 100 watt yang dapat menerangi hingga 5 rumah atau 10 tenda pengungsian.

Tiap rumah atau tiap tenda akan dipasangi 1 hingga 2 bola lampu yang memiliki daya 7 hingga 10 watt.

Halaman
12
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved