Breaking News:

Universitas Hasanuddin

Unhas Mulai Adopsi Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama

Universitas Hasanuddin Makassar Mulai Adopsi Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama

Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/RUDI SALAM
Kampus Unhas Tamalanrea 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Unhas Mulai Adopsi Pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Universitas Hasanuddin (Unhas) memiliki fleksibilitas secara otonomi dalam menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi. 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2015 tentang Statuta Unhas, dimana pada pasal 7 ayat 2 menyebutkan bahwa Unhas dapat membuka, mengubah atau menutup program studi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Mengacu pada hal tersebut memungkinkan Unhas untuk membuka program studi baru yang dibutuhkan dan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini. 

Kewenangan ini untuk jaminan kualitas atas proses pembelajaran yang berlangsung baik dan memiliki reputasi unggul. 

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah menjelaskan bahwa meskipun diberikan keleluasaan, tidak berarti Unhas dengan mudah membuka prodi baru. 

Menurutnya, ada proses berjenjang yang dilalui, dengan melibatkan unsur sivitas akademika.

Mulai dari tingkat fakultas, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), hingga persetujuan Senat Akademik dan Majelis Wali Amanah. 

Dengan kata lain, meskipun keleluasaan tersebut diberikan, namun Unhas menerapkan prinsip tata kelola akademik yang baik.  

Tujuannya adalah untuk memastikan agar pembukaan program studi sesuai dengan kebijakan pengembangan akademik untuk mewujudkan sumber daya unggul.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved