Breaking News:

Penanganan Covid

Pantau Protokol Kesehatan Pedagang dan Pengunjung, Kodim 1402/Polmas Dirikan Poskotis di Pasar

Kogasgabpad Kodim 1402/Polmas mendirikan poskotis protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian, seperti pasar.

ISTIMEWA
Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Kodim 1402Polmas, Kabupaten Polewali Mandar mendirikan poskotis protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian, seperti pasar. 

TRUBUN-TIMUR.COM, POLMAN --Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Kodim 1402/Polmas, Kabupaten Polewali Mandar mendirikan poskotis protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian, seperti pasar.

Dandim 1402/Polmas Letnan Kolonel Arhanud Hari Purnomo mengatakan, pendirian poskotis guna mempermudah pengawasan pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

"Ini merupakan bagian dari implementasi operasi penegakan disiplin protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19," ujar Kolonel Arhanud Hari Purnomo.

Personil yang ditugaskan akan memberikan imbauan kepada masyarakat yang ditemukan tidak mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Baik kepada pedagang maupun pengunjung  yang sedang beraktivitas di pasar. 

Ia  juga menginstruksikan jajarannya untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat baik melalui komunikasi sosial maupun patroli protokol kesehatan di tempat keramaian.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID- 19 meluncurkan aplikasi berbasis gawai Bersatu Lawan COVID.

Aplikasi Bersatu Lawan COVID (BLC) mempermudah masyarakat untuk menyikapi dan merespons Covid-19.

Aplikasi berbasis gawai atau telepon pintar, melibatkan Babinsa untuk merekam agar menghasilkan data yang realtime, terintegrasi, sistematis, interoperabilitas, melalui aplikasi bersatu lawan Covid.

Masyarakat dapat mengetahui kerentanan lokasi persebaran Covid-19 di sekitar, eehingga dengan aplikasi tersebut  sebaran Covid-19 dapat dilihat secara mudah sehingga mereka dapat membangun kewaspadaan.

Babinsa diwilayah terjun langsung  mengingatkan warga masyarakat baik melalui komunikasi sosial maupun patroil protokol kesehatan, bersama dengan unsur terkait di wilayah masing-masing dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kewajiban Babinsa melaporkan tugas percepatan penanganan Covid-19 melalui aplikasi BLC (Bersama Lawan Covid-19), Monitoring Perubahan Perilaku yang diluncurkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

Aplikasi bersatu melawan Covid-19  membantu masyarakat untuk mengenali ancaman maupun bahaya COVID - 19 sehingga mereka dapat juga mengurangi risiko yang lebih besar.

"Melalui aplikasi ini, petugas di lapangan terutama Babinsa dapat memasukkan berbagai data terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat di lokasi-lokasi pengawasan secara real time, " tuturnya. (*)
 

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribun-timur.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved