Breaking News:

CPNS 2019

Kapan CPNS 2019 Makassar Mulai Masuk Kantor? Ini Penjelasan BKPSDM Kota Makassar

Kapan CPNS 2019 Makassar Mulai Masuk Kantor? Ini Penjelasan BKPSDM Kota Makassar

istimewa
Ilustrasi - Kapan CPNS 2019 Makassar Mulai Masuk Kantor? Ini Penjelasan BKPSDM Kota Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tahapan pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah berakhir pada 21 November 2020.

Sehingga 526 CPNS yang sudah dinyatakan lulus tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Jadi saat ini mereka tinggal menunggu SK, setelah dilakukan pemberkasan untuk penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) oleh BKN," ujar Kabid Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Makassar, Andi Kadir Masri melalui telepon selularnya, Senin (23/11/2020).

Setelah selesai proses pemberkasan, peserta CPNS 2019 akan menuju tahapan pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Ia pun memperkirakan jika para peserta CPNS ini akan mulai masuk berkantor Desember nanti.

"Yah kira-kira Desember lah mulai masuk. Jadi dihari pertama mereka masuk untuk melapor ke instansi masing-masing," jelasnya.

Sekadar diketahui dari 526 peserta yang lulus, mayoritas merupakan tenaga pendidik sebanyak 397 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 36 formasi, dan tenaga teknis sebanyak 93 formasi.

Adapun tahapan pengusulan NIP CPNS yang diatur dalam Peraturan BKN 14/2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS, yaitu;

1. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi menyampaikan usul penetapan NIP kepada BKN, termasuk kelengkapan dokumen pemberkasan peserta yang sudah diverifikasi oleh masing-masing instansi.

2. Tim Pengadaan BKN akan lakukan pengecekan atau validasi berupa pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan dokumen-dokumen yang sudah diverifikasi instansi, apakah sudah sesuai dengan administrasi atau persyaratan dan regulasi pelaksanaan seleksi CPNS.

3. Hasil pemeriksaan dan penelitian usul NIP dari instansi dikategorikan berupa: usul penetapan NIP yang Memenuhi Syarat (MS) ditetapkan NIP oleh BKN; usul penetapan NIP yang bahannya tidak lengkap (BTL) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi untuk dilengkapi; dan usul penetapan NIP yang tidak memenuhi syarat (TMS) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi.

4. PPK dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja setelah menerima penetapan NIP dari BKN, kemudian membuat keputusan pengangkatan (SK CPNS).(*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com, AM Ikhsan

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved