Breaking News:

Penanganan Covid

Rasakan Gejala Covid-19, Jangan Takut Periksakan Diri dan Tes Swab PCR!

Bagi mereka yang merasakan gejala, sebaiknya melakukan tes swab PCR untuk memastikan apakah mereka terinfeksi Covid-19 atau tidak.

TRIBUN TIMUR/M ABDIWAN
Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) bersama Bosowa Peduli menyelenggarakan pengambilan sampel swab atau polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona di Klinik Pratama Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo Km.4 Makassar, beberapa hari lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Jika merasakan gejala-gejala Covid-19, masyarakat diimbau tidak takut memeriksakan diri.

Bagi mereka yang merasakan gejala, sebaiknya melakukan tes swab PCR, bukan rapid test antibodi untuk memastikan apakah mereka terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Hal tersebut disampaikan Pulmonologist FK Unhas, dr Arif Santoso SpP(K) PhD FAPSR dalam live Instagram bersama Clinical Pathologist RSIA Ananda, dr Fitrie Octavia Sjamsuddin SpPK, Minggu (15/11/2020).

Dokter Arif Santoso menjelaskan Covid-19 yang masuk ke paru-paru akan menghambat proses pertukaran udara.

"Jika masuk ke paru-paru, Covid-19 ini bisa menimbulkan radang. Jika alveolus pada paru-paru dipenuhi cairan, tentu oksigen tidak bisa masuk,"jelasnya.

Kondisi tersebut akan menyebabkan pasien Covid-19 akan mengalami sesak nafas.

Inilah yang membuat penyakit Covid-19 yang dialami menjadi berat. Akan tetapi, tidak semua pasien Covid-19 tidak akan mengalami kondisi tersebut.

"Hal penting yang harus dipahami masyarakat, sebenarnya Covid-19 ini jika cepat terdeteksi dan ditangani, bisa sembuh. Jadi, jangan takut berobat dan jangan takut jika dicurigai Covid-19 dan dites,"katanya.

Menurutnya, jika terdeteksi lebih awal, maka pengobatan akan lebih mudah.

Pasien hanya akan mengonsumsi obat sedikit, efek sampingnya ringan, meskipun mereka memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Halaman
12
Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved