Breaking News:

Siapa Lutfi Rauf? Putra Asli Watansoppeng yang Baru Dilantik Jokowi Jadi Dubes Indonesia di Mesir

Lutfi Rauf berasal dari Kabupaten Soppeng, Sulsel dan merupakan adik dari mantan Wakil Bupati Soppeng, (alm) Syarifuddin Rauf.

Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Anita Kusuma Wardana
istimewa
Siapa Lutfi Rauf? Putra Asli Watansoppeng yang Baru Dilantik Jokowi Jadi Dubes Indonesia di Mesir 

TRIBUNTIMURWIKI.COM- Duta Besar merupakan orang-orang terpilih yang mewakili pemerintahan Indonesia di negara sahabat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melantik para duta besar Republik Indonesia (RI) untuk sejumlah negara sahabat.

Acara tersebut digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2020).

Dilansir dari Tribunnews.com, melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi melantik 12 orang duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang akan ditempatkan disejumlah negara sahabat.

Daftrar Lengkap 12 Duta Besar yang Baru Dilantik Presiden Jokowi, Putra Soppeng Jadi Dubes di Mesir
Daftrar Lengkap 12 Duta Besar yang Baru Dilantik Presiden Jokowi, Putra Soppeng Jadi Dubes di Mesir (istimewa)

Pengangkatan ke-12 orang duta besar ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden (Kepres) 106/P/2020 tanggal 19 Oktober 2020, tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia yang dibacakan oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama.

Acara pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta tampak mengenakan masker, face shield serta menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menuntun sumpah jabatan bagi 12 duta besar yang diangkat untuk sejumlah negara sahabat itu.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi yang turut diikuti seluruh duta besar yg dilantik.

"Bahwa saya, dalam melaksanakan tugas dan jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat, dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan luar biasa dan berkuasa penuh," lanjut Jokowi yang juga diikuti oleh ke-12 orang duta besar.

Nampak mendampingi Kepala Negara yakni Wakil Presiden Maruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved