Tribun Sinjai

55 Kaum Milenial di Sinjai Diberi Keterampilan Jadi Pengusaha

Mereka dilatih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perdagangan Perindustrian (Perindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai di Aula SMAN 1

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/SAMBA
Owner Dapoer Oma Sri Wahyuni sedang melayani pengunjungnya di Jl Arif Rahman Hakim, Sinjai Utara, Selasa (20/10/2020) 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Sebanyak 55 orang anak muda di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, diberi keterampilan kerja untuk menjadi calon pengusaha.

Mereka dilatih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perdagangan Perindustrian (Perindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai di Aula SMAN 1 Sinjai, Selasa (20/10/2020)

Calon tenaga kerja yang ikut dalam pelatihan ini adalah calon tenaga kerja millenial yang berusia 17-30 an tahun.

Diklat yang difokuskan pada pembuatan desain kemasan produk pangan itu bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar.

Kadisperindag dan ESDM Sinjai, Ramlan Hamid, mengatakan, pelatihan ini untuk mengasah keterampilan para calon tenaga kerja baru agar memiliki kompetensi yang diakui langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pembuatan desain kemasan produk pangan angkatan VI yang bertujuan untuk menumbuhkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini, juga sesuai standar kerja kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI).

" Ada 55 orang kita latih untuk mendapatkan kompetensi dan mendapat pengakuan langsung dari BDI Makassar berupa pemberian sertifikat yang akan berguna dalam proses pengajuan usaha maupun pencarian kerja nantinya," jelasnya.

Ramlan berharap pelatihan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh calon tenaga kerja sehingga ada bekal saat bekerja nantinya.

Sementara itu pejabat fungsional Widyaiswara BDI Makassar, Agus Salim menyampaikan, bahwa Diklat ini lebih kepada pemberian motivasi bekerja dan berwirausaha.

Pemberian pengetahuan jenis bahan kemasan, barcode, teori dan praktek desain grafis hingga pembuatan kemasan.

Sekadar diketahui di Kabupaten Sinjai terdapat ribuan tenaga potensial yang butuh pelatihan khusus.

Potensi itu diberbagai bidang, seperti pengembangan peternakan, pertanian hingga pada sektor jasa dari kota hingga di pelosok Sinjai. (*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved