Breaking News:

OPINI

Pendidikan dan Pandemi Covid-19: Sebuah Momentum 

Pendidikan dan Pandemi Covid-19: Sebuah Momentum, Opini oleh Abdul Rahman, Abdul Rahman, Ph.D, Dosen PGSD, FIP, Universitas Negeri Makassar

Dok Pribadi
Abdul Rahman, BNI Syariah Makassar. 

Opini oleh Abdul Rahman, Abdul Rahman, Ph.D, Dosen PGSD, FIP, Universitas Negeri Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Selama kurang lebih setengah tahun, dan masih akan terus sampai beberapa waktu yang tidak seorang pun yang bisa memastikan akhirnya, COVID-19 telah menerpa dan memengaruhi seluruh lini kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan.

Berbagai macam perubahan dan penyesuaian ditempuh agar pendidikan di masa pandemik tetap bisa berjalan. Sampai saat ini, kebiasan dan praktek baru yang coba diterapkan masih memunculkan polemik tersendiri serta mendapatkan reaksi yang berbeda-beda dari sekolah, guru, orang tua dan terutama peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) umumnya masih terkendala oleh ketersediaan dan kecukupan infrastruktur penunjang semisal keterjangkauan sinyal internet, kuota data, dan gawai.

Kualitas pembelajaran melalui PJJ dianggap kurang karena metode dan pendekatan pengajaran/pedagogi yang dipakai membosankan, tidak menstimulasi peserta didik untuk belajar.

Orang tua peserta didik merasa kewalahan mendampingi anak-anak mereka belajar.

Namun dibalik semua kesulitan ini, pandemik COVID-19 adalah disrupsi yang bisa dijadikan momentum untuk melakukan perubahan yang mungkin belum atau tidak didapatkan dalam situasi normal.

Kenapa menjadi momentum? Karena setiap disrupsi menuntut perubahan.

Disrupsi membuat setiap orang baik secara individu dan kolektif meninjau ulang tatanan, kebiasaan dan praktek yang ada dan memusatkan pikiran dan sumberdaya untuk mencari cara-cara baru (inovasi) untuk menghadapi disrupsi.

Ada beberapa hal yang perlu dilihat kembali dan mendapatkan momentum untuk diperbaharui dalam pendidikan di tengah pandemic COVID-19, di antaranya kurikulum, peningkatan kompetensi guru, integrasi teknologi dan peran orang tua dalam pendidikan.

Halaman
1234
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved