Breaking News:

Tribun Bone

Habiskan Rp 3 Miliar, Proyek Embung di Desa Bulusirua Bone Tidak Bisa Difungsikan

Proyek pembangunan embung di Dusun Galakke, Desa Bulusirua, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuai sorotan warga

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Kondisi proyek embung di Dusun Galakke, Desa Bulusirua, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNBONE.COM, BONTOCANI - Proyek pembangunan embung di Dusun Galakke, Desa Bulusirua, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuai sorotan warga.

Proyek yang diduga menelan anggaran Rp 3 miliar dari APBD Provinsi Sulsel ini selesai pengerjaannya di akhir tahun 2019. Namun, bekum cukup satu tahun proyek tersebut sudah rusak.

Tokoh pemuda Bontocani, Awaluddin mengatakan beberapa bagian dinding dan lantai embung retak. Bahkan embung bocor sehingga tidak bisa difungsikan dengan baik.

"Embung ketika hujan menampung air. Setelah hujan, debit air langsung turun. Berarti ada yang bocor," keluhnya Rabu (16/9/2020).

Harusnya, kata dia, embung ini difungsikan untuk mengairi sawah sekira 100 hektar. Namun, kondisi sekarang tak jauh beda sebelum dikerjakan.

"Kondisinya tidak jauh beda antara sebelum dibangun dan sesudah dibangun. Tetap air mengalir, harusnya kan air tertampung. Berarti ada yang bocor," tuturnya.

Warga menduga sejak selesainya pengerjaan proyek embung ini sudah bocor.

Ia pun mempertanyakan dasar pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menerima penyerahan Final Hand Over (FHO) proyek ini dari rekanan.

"Dinas PSDA Pemprov Sulsel apa dasarnya menerima pekerjaan pada FHOnya dari rekanan. Harusnya ada catatan dulu, untuk diperbaiki," jelasnya.

Sementara Kepala Dusun Galakke, Bakke
meminta Dinas PSDA Pemprov Sulsel untuk melakukan pembenahan terhadap proyek embung tersebut. Agar embung bisa mengairi sawah warga.

"Kami berharap embung ini bisa memberi manfaat bagi warga. Kasihan anggaran besar, sementara pemanfaatannya kurang," ucapnya.

Kepala Dinas PSDA Bone, Yusuf mengatakan proyek tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pemprov Sulsel.

"Perbaikan embung menjadi kewenangan Pemprov Sulsel," ujarnya.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved