Breaking News:

Live Event Tribun Timur

Terkait Penanganan Covid-19, Prof Ridwan Amiruddin: Berhenti Saling Menyalahkan

Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin menjadi narasumber di Bincang Kota Tribun Timur

TRIBUN-TIMUR.COM/RUDI SALAM
Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin (kanan) saat menjadi narasumber di Bincang Kota yang disiarkan langsung di Facebook Tribun Timur, Senin (17/8/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin memaparkan cara penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber di Bincang Kota yang disiarkan langsung di Facebook Tribun Timur, Senin (17/8/2020)

Pertama kata dia adalah ketat terhadap protokol kesehatan.

"Kita akan menyelesaikan Covid-19 ini dengan syarat yang pertama ketat terhadap protokol kesehatan," katanya.

Protokol kesehatan tersebut, lanjutnya, berlaku di setiap tatanan, baik pada level individu, keluarga, masyarakat, institusi, dan tempat umum.

"Itu kita harus ketat protokol kesehatan yang pertama yang paling tinggi efektif pengendalian adalah menjaga jarak, jadi physical distancing," jelasnya.

"Kemudian merotasi pekerjaan dimana membagi pekerjaan di mana mengurangi lost contact ekonomi bagaimana transaksi ekonomi berjalan tetapi mengurangi kontak dengan orang lain," sambungnya.

Selain itu, Pakar Epidemiologi FKM Unhas itu juga menyebut harus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Lebih lanjut, dia juga menyebutkan satu point penting yakni berikan kepercayaan kepada pemerintah bahwa pemerintah kita mampu menyelesaikan masalah Covid-19 ini.

"Jadi tidak perlu menyebarkan rumor yang tidak jelas sumbernya, kita harus saling mengsupport, berhenti untuk saling menyalahkan, dan berhenti menyebar informasi yang tak jelas asal muasalnya, dan berhenti mengeluh," katanya.

"Kita harus mendukung, bersama menyelesaikan Covid-19 ini. Indonesia maju, Indonesia merdeka," tutup Prof Ridwan. (*)

Penulis: Rudi Salam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved