Breaking News:

Imigrasi Polman

Perkuat Sinergitas, Imigrasi Polman Gelar Rapat Koordinasi Timpora Kabupaten Majene

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan Timpora tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Majene

Imigrasi Polman
Sebagai langkah memperkuat sinergitas dalam pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewai Mandar (Polman) menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) untuk Kabupaten Majene, Jumat (10/07/2020) di Villa Bogor Majene Sulawesi Barat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLEWALI MANDAR - Sebagai langkah memperkuat sinergitas dalam pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewai Mandar (Polman) menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) untuk Kabupaten Majene, Jumat (10/07/2020) di Villa Bogor Majene Sulawesi Barat.

Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Pelaksana Tugas Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majene Burhan Usman ini, turut dihadiri oleh perwakilan TNI dan Polri, Instasi Vertikal, dan para Camat se-Kabupaten Majene.

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan Timpora tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Majene, yakni Kecamatan Banggae, Banggae Timur, Sendana, Tammerodo Sendana, Tubo Sendana, Pamboang, Ulumanda, dan Kecamatan Malunda.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Non TPI Polewali Mandar Habiburrahman mengingatkan bahwa, setiap anggota yang ada di dalam Timpora, diharapkan dapat saling bekerjasama karena masing-masing memiliki fungsi dalam pengawasan orang asing.

"Terkait kewenangan, kita bisa saling melengkapi. Misal tindakan projustisia, kita dapat mengandalkan Kejaksaan Negeri, dan apabila dikenakan sanksi administratif, semisal deportasi, maka Kantor Imigrasi bisa diandalkan," Kata Kakanim Habiburrahman.

"Bila kita bergerak serempak, saling berbagi informasi, dan menjalin komunikasi yang baik, maka kebijakan selektif bagi orang asing dapat benar-benar dilaksanakan, dan pengawasannya dapat dilakukan secara optimal," tambah Habiburrahman

Sementara itu Pelaksana Tugas Pejabat Sekda Kabupaten Majene Burhan Usman berharap, para peserta rapat koordinasi ini dapat saling bekerjasama dalam Timpora.

"Saya berharap para peserta yang hadir dapat saling bertukar informasi dalam rapat ini. Orang asing mungkin dapat membawa manfaat, misalnya pariwisata. Namun, pengawasan tetap harus dilakukan supaya jangan sampai juga mereka melanggar aturan yang justru merusak daerah dan negara kita," harapnya.

"Saya mengingatkan kepada anggota tim, bahwa setiap keterlibatan Timpora dalam pengawasan orang asing, ke depannya harus juga sesuai dengan visi Bupati, yakni untuk dapat memajukan Kabupaten Majene," tutupnya. 

Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved