Breaking News:

Data Pelanggan Telkomsel Bocor

Data Pelanggan Bocor? Telkomsel 'Panik' dan Melapor ke Bareskrim Polri, Dikaitkan dengan Kominfo

Kebocoran tersebut terjadi pada pegiat media sosial Denny Siregar yang data pribadinya menyebar di media sosial.

Kompas.com
Ilustrasi Hacker 

TRIBUN-TIMUR.COM - Operator telekomunikasi Telkomsel melapor secara resmi ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ,atas penyalahgunaan data pelanggannya pada Rabu (8/7/2020).

Telkomsel melapor setelah Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johny G Plate memerintahkan operator telekomunikasi melakukan investigasi internal, berkaitan dengan adanya indikasi kebocoran data pelanggan.

Kebocoran tersebut terjadi pada pegiat media sosial Denny Siregar yang data pribadinya menyebar di media sosial.

"Kami sangat menyayangkan ketidaknyamanan saudara Denny Siregar sebagai pelanggan atas keluhan yang disampaikan terkait adanya dugaan penyalahgunaan data pelanggan.

Sehubungan itu, Telkomsel berkomitmen memberikan perhatian serius untuk memastikan penanganan keluhan tersebut secara terbuka dan tuntas," kata Andi Agus Akbar, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel dalam keteragan tertulisnya, Jumat (10/7/2020).

2 Cara Cepat untuk Dapat Token Gratis PLN Subsidi dan Non Subsidi, Teliti Baik-baik

Profil Rey Mbayang, YouTuber sekaligus Vokalis Band Adam yang Sah Jadi Suami Dinda Hauw

Telkomsel menyatakan telah melakukan proses investigasi dan menindaklanjutinya dengan mengajukan laporan resmi kepada aparat penegak hukum melalui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada tanggal 8 Juli 2020.

"Saat ini kami terus melakukan koordinasi secara intensif dengan aparat penegak hukum, guna membantu kelancaran proses lanjutan atas pelaporan yang telah diajukan.

Serta mempercayakan sepenuhnya pada proses hukum yang sudah berjalan, sesuai aturan yang berlaku," ujar Andi.

Sebagai badan usaha, Andi menambahkan, pihaknya akan selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis, yang mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional (ITU, GSMA) maupun regulasi yang berlaku.

Mengenai keamanan informasi, Telkomsel juga memastikan operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengn standar sertifikasi ISO 27001, di mana proses sertifikasi secara berkala ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional.

Halaman
12
Editor: Ansar
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved