Breaking News:

CITIZEN REPORT

Alumni Teknik Unhas Angkatan 98 Bahas Peluang Pengembangan Energi Terbarukan di Sulawesi Selatan

Menghadirkan Ir Nurdin Pabi Senior dan Ir Habibie Razak ASEAN Eng sebagai narasumber. Keduanya sesama alumni FTUH angkatan 98

Penulis: CitizenReporter | Editor: Jumadi Mappanganro
Dokumen Panpel Webinar Reformazi98
Webinar alumni FTUH angkatan 1998 bahas Tantangan dan Peluang Pengembangan Renewable Energy di Sulawesi Selatan dan Indonesia, Sabtu (4/7/2020) 

Laporan: Danto Joro
Alumnus Fakultas Teknik Unhas angkatan ‘98 - Ketua Panitia Sesi Webinar Reformazi98

Para alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FTUH) angkatan atau dikenal Reformazi98 menggelar sesi webinar, Sabtu (4/7/2020).

Tema yang dibahas: Tantangan dan Peluang Pengembangan Renewable Energy di Sulawesi Selatan dan Indonesia.

Ir Nurdin Pabi Senior (Manager Operasi Sistem PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi) dan Ir Habibie Razak ASEAN Eng., ACPE (Direktur Energi dan Infrastruktur PT BlueVisions Management sekaligus Sekretaris PII Learning Center) tampil sebagai narasumber.

Imran Djamaluddin (Head of GA Department PT Semen Bosowa Maros) sebagai host acara.

IDI Makassar Kritik Gubernur Sulsel Soal Penanganan Pasien Covid-19, Penyebab Pasien Makassar Tinggi

Kedua pembicara dan host adalah alumni FTUH angkatan 98.

Sesi webinar ini yang berlangsung sekira tiga jam ini diinisiasi oleh Ketua Angkatan Reformazi98, Ir. Jamaluddin IPM dan kawan-kawan ReformaZi98 lainnya.

Diikuti sekira 100 peserta. Terdiri atas para insinyur yang beraktifitas di sektor ketenagalistrikan dan beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Makassar.

Webinar alumni FTUH angkatan 1998
Webinar alumni FTUH angkatan 1998 (Dokumen Panpel Webinar Reformazi98)

Pada webinar ini, Nurdin Pabi memaparkan tantangan PLN Regional Sulawesi di dalam mengatur tegangan dan frekuensi pada sistem ketenagalistrikan yang melibatkan Variable Renewable Energy (VRE) seperti PLTS dan PLTB yang beroperasi di Sulawesi.

Renewable Energy (RE) atau energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, geothermal dan biomassa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved