Update Corona Sulbar

Warga Sulbar Positif Covid-19 Kini Capai 115 Orang, Satu Kasus Baru dari Polman

Pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Barat kembali bertambah.

Gugus Tugas Covid-19 Sulbar
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulbar Safaruddin Sanusi DM 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Barat kembali bertambah.

Per hari ini, Selasa (30/6/2020) ada penambahan satu kasus dari Kabupaten Polewali Mandar.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulbar, Safaruddin Sanusi melalui laporan media harian Covid-19.

"Kini total warga Sulbar yang dinyatakan positif virus corona sudah 115 orang. Hari ini ada satu kasus baru dari Polman," katanya.

Kasus 115 perempuan inisial NU (35). Pasien melakukan perjalanan bersama suami dan anaknya dari Kalimantan dan tiba di Polewali Mandar 3 Juni 2020 menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Parepare Sulawesi Selatan.

"Setelah 12 hari kemudian, di Puskesmas Massenga, pasien membawa surat keterangan hasil rapid tanggal 3 Juni 2020 dan dinyatakan hasil rapidnya non reaktif ketiga-tiganya. Pasien tersebut hamil kurang lebih 36 minggu," ujarnya.

Karena pasien dan keluarganya tersebut tidak memiliki gejala apa pun, sehingga pasien dipulangkan dan disarankan untuk mengikuti protokol isolasi mandiri di rumah.

"Namun pada 27 Juni 2020, pasien mengunjungi praktik bidan mandiri untuk melakukan pemeriksaan kehamilan. Tanggal 29 Juni 2020 pasien kembali mengunjungi Puskesmas Massenga karena mengalami keluhan nyeri perut dan pelepasan lendir sebagai gejala dan tanda persalinan," ucapnya.

Kemudian dilakukan pemeriksaan Rapid Test dan didapatkan hasil rapid tesnya reaktif.

Pasien lalu dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan swab dan kemudian didapatkan hasil swab positif.

Kini total pasien corona di Polman sebanyak 38 orang. 25 di antaranya dinyatakan sembuh, 3 dirawat di RSUD Polman, 2 di RS Pratama Wonomulyo, 7 isolasi mandiri, dan 1 meninggal dunia.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved