Penerimaan dan Pembekalan KKN Unhas Gelombang 104 di Wilayah Makassar Digelar Virtual

Prof Rudy Djamaluddin menyampaikan terima kasih kepada P2KKN Unhas yang telah menempatkan peserta KKN di wilayah kota Makassar.

Dok. P2KKN Unhas
Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dwia Aries Tina P, MA melalui Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) menyerahkan secara resmi 1.085 peserta KKN Tematik “Bersatu Melawan Covid-19” dan diterima langsung oleh Bapak PJ Walikota Makassar Prof Dr Ir Rudy Djamaluddin, MEng. (30/6/20). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dwia Aries Tina P MA melalui Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) menyerahkan secara resmi 1.085 peserta KKN Tematik “Bersatu Melawan Covid-19” dan diterima langsung oleh Bapak PJ Walikota Makassar Prof Dr Ir Rudy Djamaluddin, MEng. (30/6/20).

Penyerahan dilakukan secara virtual melalui aplikasi ZOOM dan link YouTube kemudian dirangkaikan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembekalan khusus yang dibawakan langsung Prof Dr Ir Rudy Djamaluddin .

Dalam sambutannya, Prof Rudy Djamaluddin menyampaikan terima kasih kepada P2KKN Unhas yang telah menempatkan peserta KKN di wilayah kota Makassar.

“Diharapkan peserta KKN Unhas Tematik Pencegahan Covid-19 ini melakukan tiga hal. Yang pertama menjadi teladan atau contoh bagi masyakarat terkait kepatuhan terhadap protokoler kesehatan dalam pencegahan Covid-19. Kemudian kedua adalah mengutamakan unsur kejujuran masyarakat. Kejujuran ini berupa keterbukaan masyarakat dalam mendukung percepatan pengendalian covid-19 ini,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Timur.

Selain itu peserta KKN Unhas menurut Prof Rudy Djamaluddin harus dapat mendorong dan mengajak masyarakat Makassar untuk jujur dan berani melaporkan diri dan orang di sekitarnya jika memang terdampak covid-19.

“Dan terakhir adalah faktor kebersamaan. Peserta KKN harus menunjukkan kepada masyarakat Makassar bahwa Pandemi Covid-19 dapat di cegah dan urusan Covid-19 bukan hanya urusan Pemerintah Kota saja, bukan pula urusan Rumah Sakit saja, melainkan urusan kita semua. Oleh karena itu mari kita bersama-sama melawan virus ini,” tegas Guru Besar Fakultas Teknik Sipil Unhas ini.

Kepala P2KKN Universitas Hasanuddin, Muhammad Kurnia, SPi., MSc, PhD menyampaikan terima kasih kepada Prof Rudy yang bersedia menerima dan memfasilitasi peserta KKN dalam melaksanakan kegiatan mereka berbasis domisili disertai pemanfaaatan teknologi informasi sehinggan interaksi fisik dapat dihindari.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup manusia, termasuk pola KKN yang selama ini peserta turun langsung ke masyarakat untuk mengabdi sekarang berubah menjadi via daring atau virtual. Distribusi peserta KKN pada gelombang 104 ini berbasis domisili dengan focus pada sosialisasi dan edukasi kreatif tentang Covid-19,” katanya.

Adapun program kerja utama pada KKN Tematik ini terbagi menjadi empat bagian yakni program kerja Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif. Dimana program kerja tersebut menjadi pilihan pribadi dari masing-masing peserta sesuai dengan kompetensi, keilmuan dan peminatan program mereka.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh para Dosen Pengampu KKN (DPK) yang terdiri dari Dosen-Dosen Universitas Hasanuddin, para Camat se-kota Makassar, para Lurah dan juga stakeholder terkait seperti BPJS Ketenagakerjaan.

Para peserta KKN Unhas juga dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam menjalankan program kerja.

Meskipun program kerja hampir secara keseluruhan dilakukan secara daring atau virtual, P2KKN Unhas tetap mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan dengan mengambil langkah untuk bekerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved