Breaking News:

SBMPTN 2020

Aturan dan Jadwal Terbaru UTBK di Era New Normal, Pengumuman SBMPTN 2020 Diundur hingga Agustus 2020

Melalui perencanaan dan pembahasan yang cukup panjang, lanjut Nizam, akhirnya disepakati ada 2 (dua) gelombang pelaksanaan UTBK 2020

Istimewa
ILUSTRASI-Informasi perubahan jadwal UTBK 2020 di era new normal, pengumuman SBMPTN 2020 terpaksa diundur 

TRIBUN-TIMUR.COM-Akibat kasus Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia masih tinggi, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2020 mengalami perubahan.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) memutuskan membagi pelaksanaan UTBK 2020 menjadi dua gelombang.

Hal tersebut diumumkan dalam konferensi daring Sosialiasasi Pelaksanaan UTBK, Rabu (24/6/2020),

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam mengatakan perencanaan UTBK sebelumnya telah dirancang secara nasional dengan prediksi awal di bulan Juni kondisi pandemi sudah terkendali, tetapi perkembangan yang cukup dinamis membuat LTMPT, Kemendikbud, dan pihak terkait harus merancang ulang beberapa hal.

Ia melanjutkan, sesuai dengan amanat Mendikbud Nadiem Makarim, kesehatan dan keselamatan harus menjadi perhatian utama.

"Komandan utama kita adalah Gugus Tugas Percepatan Covid-19. Komandan kita saat ini adalah protokol kesehatan harus nomor satu. Kita akan mengupayakan ujian masuk perguruan tinggi ini seaman mungkin dan sesehat mungkin," papar Nizam, Rabu (24/6/2020).

Melalui perencanaan dan pembahasan yang cukup panjang, lanjut Nizam, akhirnya disepakati ada 2 (dua) gelombang pelaksanaan UTBK 2020

"Peserta ujian UTBK bisa jadi tidak datang sendiri, kadang bisa diantar oleh orangtuanya. Dan perjalanan dari daerah ke daerah kini terkendala karena PSSB masih ada yang merah membara, akhirnya kita sepakati ada 2 gelombang,” kata dia.

-Gelombang 1: 5-14 Juli 2020

Pelaksanaan UTBK gelombang pertama diperuntukkan bagi peserta yang sudah berada/tinggal di lokasi yang sama dengan lokasi tes UTBK 2020.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved