Citizen Reporter

PLUT Sulsel Latih UMKM Aplikasi Keuangan La Mikro

PLUT Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan kembali menggelar training online kepada pelaku usaha mikro dan kecil.

Rilis PLUT Sulsel
PLUT Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan kembali menggelar training online kepada pelaku usaha mikro dan kecil. 

MAKASSAR - UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan kembali menggelar training online kepada pelaku usaha mikro dan kecil.

Kali ini, puluhan pelaku UMKM belajar secara daring penggunan aplikasi keuangan La Mikro pada Senin, 22 Juni 2020 melalui media zoom.

Kegiatan online pada seri ke-8 ini dibawakan konsultan pembiayaan PLUT Sulsel, Nurfitrani dan dipandu koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham.

Dalam pengantarnya, Bahrul ulum menyampaikan, pengusaha UMKM saat pandemi berusaha melewati masa krisis  salah satu caranya dengan selalu memperhatikan kestabilan cash flow atau arus kas.

“training online aplikasi la mikro ini sangat penting karena membantu UMKM membuat pelaporan aliran pemasukan dan pengeluaran  sehingga punya strategi dan langkah yang diambil selama masa pandemi,” katanya dalam rilis yang diterima Tribun.

Aplikasi Lamikro merupakan aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.

Aplikasi Lamikro diluncurkan pada Oktober 2017 oleh Kemenkop dan UKM bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang sangat membantu UMKM mengembangkan bisnisnya karena dapat memonitoring aktfitas keuangan.

Konsultan pembiayaan PLUT Sulsel, Muh, Nurfitrani mengatakan, pelaku UMKM bisa memanfaatkan aplikasi Lamikro dalam melakukan pencatatan keuangan versi digital yang sudah mengikuti standar akuntansi keuangan.

“Kalau mau bisnis berkembang maka keharusan menggunakan aplikasi laporan keuangan seiring perkembangan teknologi informasi hari ini yang semakin cepat,” katanya.

Pencatatan laporan keuangan secara tertib merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha mikro dan kecil.  Dengan aplikasi la mikro bisa diakses kapan saja dan di mana saja dengan fitur-fitur standar laporan keuangan sehingga sangat membantu pelaku UMKM, tandasnya.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved