Pandemi Corona

6 Kabupaten di Sulsel Mengalami Lonjakan Positif Corona Setelah New Normal Berlaku

Jumlah pasien positif corona di beberapa daerah di Sulsel tercatat mengalami kenaikan

TRIBUN TIMUR/TOMMY PASERU
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Jumlah pasien positif corona di beberapa daerah di Sulsel tercatat mengalami kenaikan. Kebijakan pemerintah yang membuka akses publik ditengarai sebagai penyebabnya.

Salah satu daerah yang mengalami tambahan kasus positif setelah akses publik dibuka adalah, Kabupaten Enrekang. Selama dua pekan terakhir, tambahan pasien positif di daerah ini mencapai 13 kasus.

Akses yang akan dibuka kembali meliputi, pasar tradisional, usaha kecil menengah, rumah makan, toko, hotel, penginapan, wisma, warkop dan transportasi umum.

Kebijakan membuka kembali akses publik tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Enrekang tentang Tatanan Kehidupan Produktif dan Aman Covid-19 dalam wilayah Kabupaten Enrekang.

Penambahan 13 jumlah kasus tersebut terjadi sejak 8 Juni hingga 22 Juni 2020 dengan dimulai kasus ke-18 sampai kasus ke-30 saat ini.

Juru Bicara Gugus Tugas (GT) Covid-19 Enrekang, Sutrisno mengakui adanya peningkatan jumlah kasus dalam dua pekan terakhir.

Hanya saja pihaknya menampik jika dikatakan pembukaan akses publik menjadi penyebab utamanya.

Menurutnya, kesadaran masyarakatlah yang menjadi persoalan utama dalam menerapkan protokol Covid-19.

"Sebenarnya bukan karena dibukanya akses yang jadi masalah. Tapi masalahnya masyarakat yang tidak peduli karena menanggap New Normal ini bebas beraktivitas," kata Sutrisno, Senin (22/6/2020).

Padahal lanjut Sutrisno, masyarakat harusnya tetap mematuhi protokol kesehatan menyambut New Normal.

Halaman
123
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved