Aksi Cepat Tanggap

ACT Berikan Modal Usaha untuk Pelaku UMKM di Makassar

Saat ini, Fitriani dan keluarga tinggal dirumah mertuanya yang berlokasi di Perumahan Pondok Asri, Sudiang Kota Makassar.

ACT
ACT berikan modal usaha untuk pelaku UMKM di Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM - Semenjak bangkrut dari usaha sembako grosir karena pembeli yang tak kunjung melunasi utangnya membuat Fitriana (38) bersama suaminya terpaksa menutup usahanya.

Bangkit dari hal itu, ia dan suaminya berjualan online untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan empat anaknya, namun semenjak wabah Covid-19 melanda negeri, penghasilan dari berjualan online jauh dari cukup untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar.

Saat ini, Fitriani dan keluarga tinggal dirumah mertuanya yang berlokasi di Perumahan Pondok Asri, Sudiang Kota Makassar.

Terkadang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia kerap mendapatkan bantuan dari sanak saudaranya.

Selain itu, tawaran usaha datang dari pamannya untuk berjualan di kantin sekolah, namun untuk saat ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sekolah yang ia tempati berjualan meliburkan sementara proses belajar mengajar dalam mengantisipasi wabah Covid-19, sementara kebutuhan dasar keluarga harus segera terpenuhi setiap harinya.

Tak putus asa, Fitriana mencoba memulai usaha dengan berjualan es krim dan bahan campuran dirumahnya.

Namun kendala yang ia hadapi saat ini adalah modal usaha yang tidak sedikit.

Kedatangan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan bersama relawan ke kediaman Fitriana ini selain berbincang tentang kondisinya, juga untuk menyerahkan bantuan modal usaha melalui program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI).

Fitriana merupakan satu dari sekian banyak penerima manfaat program Sahabat UMI di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

ACT berikan modal usaha untuk pelaku UMKM di Makassar
ACT berikan modal usaha untuk pelaku UMKM di Makassar (ACT)

“Pandemi covid-19 tak hanya bencana kesehatan, tapi juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UKM di Indonesia mulai gelisah. Terlebih baru-baru ini, sebuah studi menyebut jika Covid-19 akan membuat Indonesia mengalami penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 0.1% di tahun 2020. Melihat hal tersebut, ACT menggulirkan program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) berupa bantuan modal usaha yang menyasar para pelaku Unit Usaha mikro kecil menengah (UMKM) utamanya para Ibu yang menjadi tulang punggung keluarga. Harapannya dengan bantuan melalui program Sahabat UMI ini, membuat para pelaku usaha kecil ini tetap bertahan di tengah wabah Covid-19 yang masih belum berakhir khususnya masyarakat prasejahtera.” jelas Andi Syurganda dari Tim Program ACT Sulsel.

Hinggat saat ini, ACT masih membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM khususnya yang dimotori oleh para Ibu yang menjadi tulang punggung keluarga, dapat mendaftarkan diri melalui link https://sahabat-umi.act.id/register atau menghubungi nomor berikut 0853 4164 0451.(*)

Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved