PKN STAN Tak Terima Mahasiswa Baru, Ini 7 Sekolah Kedinasan di Indonesia, Kesempatan Jadi PNS

Rencana jadwal pendaftaran dan seleksi calon siswa/taruna/taruni Sekolah Kedinasan akan dibagi menjadi empat tahap.

Istimewa
ILUSTRASI-Sekolah Kedinasan di Indonesia segera membuka pendaftaran mahasiswa/siswa/taruna tahun 2020. Sayangnya, PKN STAN tak membuka pendaftaran 

TRIBUN-TIMUR.COM- Pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun 2020 akan segera dibuka.

Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian/Lembaga negara di luar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di mana, di akhir masa pendidikan kamu memiliki peluang besar menjadi Pegawai Negeri Sipil di lembaga tersebut.

Adapun rencana jadwal pendaftaran dan seleksi calon siswa/taruna/taruni Sekolah Kedinasan akan dibagi menjadi empat tahap.

Pertama, pengumuman pendaftaran direncanakan dimulai pada 1 Juni 2020 yang dilanjutkan dengan proses pendaftaran di portal SSCASN-BKN pada tanggal 8 hingga 23 Juni 2020.

Tahap ketiga yakni pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dijadwalkan terlaksana pada rentang bulan Juli 2020.

Seleksi terakhir, yakni pelaksanaan seleksi lanjutan untuk kemudian diatur oleh masing-masing kementerian dan lembaga pengelola Sekolah Kedinasan.

Pelaksanaan seluruh kegiatan pendaftaran dan seleksi Sekolah Kedinasan ini akan tetap memperhatikan perkembangan pandemi Covid-19.

Sayangnya, Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan memutuskan tak membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ini.

Hal tersebut tertuang dalam Siaran Pers SP-01/BPPK/2020, Kamis (7/5/2020), tentang Penundaan SPMB PKN STAN Tahun 2020.

Siaran Pers Penundaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2020 tersebut menjadi jawaban dari beredarnya surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020.

Surat Kemenpan RB tersebut terkait Rencana Pembukaan Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020, khususnya mengenai keputusan Kementerian Keuangan yang mengelola PKN STAN untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2020.

Ada 4 (empat) hal yang disampaikan oleh pihak PKN STAN terkait tak adanya SPMB di tahun 2020, yakni:

1. Bahwa sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta.

2. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain. Baca juga: Beasiswa S1 di Sekolah Tinggi Hukum, dari Biaya Kuliah hingga Hidup

3. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk di dalamnya penataan Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter Aparatur Sipil Negara.

4. Berdasarkan pertimbangan poin 1-3 di atas, Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN untuk tahun 2020 tidak dilaksanakan

Namun, bagi adik-adik lulusan SMA sederajat yang tertarik mendaftar di Sekolah Kedinasan, berikut tribun-timur.com rangkumkan 7 Sekolah Kedinasan yang ada di Indonesia, kesempatan jadi PNS terbuka lebar:

 
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved