Update Corona Barru

Hasil Rapid Test Reaktif, Dua Santri dari Jawa Timur Kini Isolasi di RSUD Barru

Dua orang santri asal Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, dinyatakan reaktif saat menjalani pemeriksaan berdasarkan rapid test.

darullah/Tribunbarru.com
Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Barru, Suardi Saleh saat memberikan keterangan pers, Sabtu (2/5/2020). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Dua orang santri asal Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, dinyatakan reaktif saat menjalani pemeriksaan berdasarkan rapid test.

Keduanya merupakan santri di salah satu Pondok Pesantren di Jawa Timur, yang baru saja pulang ke Barru.

Ini merupakan kali pertama warga Barru dinyatakan reaktif positif rapid test.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Barru, Suardi Saleh mengatakan, hasil rapid test yang dilakukan oleh pihak Puskesmas, menunjukkan memang dua remaja yang baru tiba di Barru reaktif positif.

"Tapi bukan berarti mereka positif atau terjangkit Corona. Sebab untuk menentukan apakah seseorang positif atau tidak, itu dilihat dari hasil swab," kata Suardi saleh kepada awak media, Sabtu (2/5/2020).

"Bisa saja hasil rapid test dinyatakan reaktif positif, tapi di pemeriksaan swab, justru negatif," jelasnya.

"Karena pemeriksaan ini beda. Akurasi dari swab itu yang dijadikan dasar menentukan terjangkit atau tidaknya setiap orang,” ujarnya.

Rapid test tidak sama dengan swab dalam mendeteksi virus, lanjut Suardi, rapid test merupakan tahap pemeriksaan dan penyaringan awal.

Jika ada yang ditemukan reaktif, itu dilakukan penanganan lebih lanjut. Seperti mengisolasi di rumah sakit, sambil menunggu hasil swab.

"Jadi sekali lagi, untuk mendiagnosa seseorang terinfeksi atau positif Covid-19, kita merujuk dari hasil pemeriksaan swab, bukan rapid tes," tandasnya

Halaman
12
Penulis: Darullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved