Breaking News:

Tribun Makassar

LKPJ Wali Kota Makassar, Puluhan Hotel di Makassar Tunggak Pajak

Puluhan hotel berbintang tersebar di Kota Makassar belum membayar pajak atau menunggak.

Dok Pribadi
Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar Nunung Dasniar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Puluhan hotel berbintang tersebar di Kota Makassar belum membayar pajak atau menunggak.

Hal tersebut berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Makassar tahun 2019 yang diperoleh Tribun di gedung DPRD Makassar, Kamis (30/4/2020).

Adapun hotel mewah yang menunggak itu paling banyak di Kecamatan Ujung Pandang, Tamalate, Mariso, Panakukkang, dan Biringkanaya, Kota Makassar.

Tidak hanya hotel mewah dan berbintang yang menunggak pajaknya, sejumlah rumah sakit hingga mall juga menunggak.

Terkait banyaknya hotel dan rumah sakit serta beberapa usaha lainnya membandel, Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar Nunung Dasniar angkat bicara.

Ia mempertanyakan alasan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak melampirkan nominal tunggakan hotel-hotel yang menunggak pajak dalam di LKPJ Wali Kota Makassar.

"Ada apa tidak dilampirkan tunggakan hotel yang menunggak, berapa tahun menunggak dan mengapa tidak bayar pajak. Semua ini harus jelas alasannya. Jangan hanya hotel ini menunggak," ujar Nunung kepada Tribun, Kamis (30/4/2020).

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Makassar itu bahkan mempertanyakan alasan jelas mengapa hotel mewah dan berbintang itu menunggak pajak sementara dia tidak rugi.

"Apa alasannya? Sementara dia punya penghasilan dan dalam keadaan untung. Ini mesti dijelaskan. Terkecuali pengusaha itu dalam keadaan rugi bersi wajar saja kalau menunggak, tapi kalau dia untung bersih, maka sangat perlu dipertanyakan," katanya.

"Jadi sangat tidak wajar ada perusahaan di Makassar pajaknya menunggak. Saya tidak melihat beberapa hotel dalam laporan LKPJ Wali Kota Makassar itu rugi, sampai sekarang mereka asik-asik saja beroperasi," Nunung menambahkan.

Laporan wartawan tribuntimur.com / Abdul Azis Alimuddin

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved