Update Corona Sulsel

Wakil Ketua Umum Kadin Harap Gubernur Sulsel Buka Akses Impor Ventilator dari Jepang

Dia menyebutkan, pekan lalu, kalangan pengusaha urunan membantu pemerintah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, untuk mengimpor Corona rapid test kit .

TRIBUN TIMUR/ALFIAN
Calon Ketua PSSI, Erwin Aksa, usai pertemuan pihak PSSI dengan Gubernur Sulsel di Rujab Gubernur, Minggu (16/10/2016). 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berharap Gubernur Sulsel Buka Akses Impor Ventilator dari Jepang. “Kalau Gubernur Sulsel bisa buka akses informasi di Jepang atau China untuk dapat ventilator murah dan cepat, Insyallah pengusaha bisa membantu.

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM — Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Erwin Aksa, menegaskan kesiapan kalangan pengusaha membantu pemerintah daerah untuk melewati masa kritis penanganan pandemi global wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tanah Air.

Menurutnya, di pekan ketiga masa siaga ini, pasokan alat pengaman diri (APD), masker, alat penguji cepat (rapid test kit), dan obat-obatan medik bagi rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, relatif mulai mengalir dari Jakarta ke 34 provinsi.

Fokus pengadaan ventilator diyakini sebagai langkah taktis yang mendesak. 

Ilustrasi ventilator (shutterstock)
Ilustrasi ventilator (shutterstock) (shutterstock/Kompas.com)

Hadapi Virus Corona, RSUD Sawerigading Palopo Hanya Miliki Empat Alat Ventilator

Punya 8 Unit Ventilator, RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng Masih Kekurangan Kalau Tangani Pasien Corona

RS Dr Tadjuddin Chalid Makassar Punya 3 Ventilator, 1 Khusus Pasien Covid-19

“Untuk pencegahan kita okelah, namun untuk penanganan medik, masih banyak rumah sakit dan fasilitas medik di daerah yang mengeluhkan minimnya ventilator (alat bantu pernafasan) bagi pasien posotif. Andre Cuomo (Gubernur New York) malam ini di CNN sudah umumkan fokus ke-Ventilator. Kita jangan kalah cepat,” katanya kepada Tribun, Kamis (2/4/202) petang.

Menurut mantan Ketua Umum BPP HIPMI ini, kalangan pengusaha siap membantu  pemerintah, namun sejauh ini akses impor peralatan medik dasar pasien Covid-19 di ICU dan penunjang laboratorium Biosafety Level (BSL) II  untuk COVID amat terbatas. 

Ruang-ruang ICU di rumah sakit rujukan dan RS daerah juga  butuh tambahan ventilator.

RILIS kebijakan Gubernur New York Andre Cuomo untuk menambah ventilator di rumah sakit rujukan dan publik di New York, Kamis (2/4/2020).
RILIS kebijakan Gubernur New York Andre Cuomo untuk menambah ventilator di rumah sakit rujukan dan publik di New York, Kamis (2/4/2020). (dok_Tribun_timur)

“Kalau Gubernur Sulsel bisa buka akses informasi di Jepang atau China untuk dapat ventilator murah dan cepat, Insyallah pengusaha bisa membantu,” kata Erwin.

Menurut Erwin, selain China, Jepang adalah salah satu negara eksporter di Asia yang bisa menyediakan alat bantu pernafasan berstandar internasional ini.

Sekadar diketahui, Gubernur Sulsel Nurdin Abdulah, hampir satu dekade bermukim di Jepang. 

Halaman
1234
Penulis: Alfian
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved