Ramadhan 2020

Tuntunan Ibadah di Bulan Ramadhan dari PP Muhammadiyah di Tengah Wabah Covid-19

Tuntunan Ibadah di Bulan Ramadhan dari PP Muhammadiyah di Tengah Wabah Covid-19

TRIBUN WOW
Muhammadiyah mulai puasa Ramadhan Jumat 24 April 2020, lebaran Idul Fitri Ahad 24 Mei, niat puasa. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tuntunan Ibadah di Bulan Ramadhan dari PP Muhammadiyah di Tengah Wabah Covid-19

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah merilis awal Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada 24 April 2020.

Menjelang Ramadhan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran tentang tuntunan ibadah dalam kondisi darurat Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut, terdapat sejumlah poin tentang bagaimana pelaksanaan ibadah di bulan ramadan seperti puasa, salat tarawih, itikaf dan kegiatan berjamaah lainnya termasuk salat idulfitri.

Sekretaris pengurus wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Jamjam Erawan mengatakan surat edaran tentang tuntunan ibadah itu sudah disampaikan hingga ke tingkat pengurus cabang di wilayah Jawa Barat.

"Kami juga sudah membuat edaran kepada masjid-masjid besar dan masjid tansit yang memang jemaahnya banyak datang (transit) dan tidak kenal dari mana, untuk tidak menggelar salat tarawih selama bahaya Covid-19," ujar Jamjam, saat dihubungi, Selasa (31/3/2020).

BACA Doa Setelah Salat Subuh, Magrib, Isya, Zuhur, dan Ashar, Ini Bacaan Zikir Usai Salat 5 Waktu

Jamjam menegaskan, semua aktivitas ibadah selama ramadan tetap dapat dilakukan namun tidak di masjid atau tempat yang dapat mengundang banyak orang.

"Ibadah tetap dilakukan, hanya tidak dalam kerumunan, tarawih bisa di rumah masing-masing, saum tidak harus banyak kegiatan berkurumun, termasuk salat Idulfitri yang akan memobilisasi massa, lebih baik tidak dilakukan," katanya.

Semua keputusan itu, kata Jamjam, diambil pengurus Muhammadiyah berdasarkan pada dalil-dalil Al-Quran dan As-Sunah. Sebab, kata dia, agama tidak memberatkan dan banyak memberikan alternatif.

"Jadi karena ini (sebaran virus Covid-19) sangat membahayakan maka Muhammadiyah memandang harus menghindari itu, berdasarkan pada dalil-dalil, Covid-19 ini merupakan salah satu ujian bagi kita semua dan agama itu tidak memberatkan dalam urusan beribadah, agama memberikan banyak alternatif," ucapnya.

BACA Doa Setelah Salat Subuh, Magrib, Isya, Zuhur, dan Ashar, Ini Bacaan Zikir Usai Salat 5 Waktu

Halaman
1234
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved