Mengenal Istilah Herd Immunity yang Sedang Trending di Medsos di Tengah Wabah Corona

Herd immunity adalah sekelompok besar orang yang mempunyai kekebalan atas suatu penyakit demi menghentikan penyebarannya.

Mengenal Istilah Herd Immunity yang Sedang Trending di Medsos di Tengah Wabah Corona
Istimewa
Mengenal Istilah Herd Immunity yang Sedang Trending di Medsos di Tengah Wabah Corona 

TRIBUNTIMURWIKI.COM - Istilah herd Immunity tengah menjadi perbincangan publik hingga trending di sejumlah media sosial, Senin (23/3/2020).

Sebagian menganggap herd immunity bisa memperlambat pandemi corona atau Covid-19.

Melansir dari Kompas.com pakar asal Inggris menyebutkan, ide menggeber herd immunity guna mengatasi virus corona tidak perlu dilakukan jika social distancing dijalankan dengan benar.

Ide tersebut muncul pada pertengahan Maret, di mana Perdana Menteri Boris Johnson mencetuskannya guna mengatasi penyebaran wabah.

Penyebabnya, hingga saat ini, sekitar 337.000 orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona, dengan 14.665 orang meninggal karena virus corona.

Jadi, apa itu herd immunity?

Dilansir Al Jazeera, Jumat (20/3/2020), herd immunity adalah sekelompok besar orang yang mempunyai kekebalan atas suatu penyakit demi menghentikan penyebarannya.

Bagi imunitas kelompok itu, tidak penting apakah mereka mendapatkannya melalui vaksinasi atau sengaja tertular. Yang jelas, mereka harus kebal.

Di tengah banyaknya orang yang terinfeksi Covid-19, penyakit yang disebabkan corona, muncul harapan yang sembuh "merekam" penyakit itu agar tak tertular lagi.

Berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins ataupun yang ada di situs Worldometer, sekitar 98.000 orang di Bumi ini dinyatakan sembuh.

Halaman
123
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved