Tribun Enrekang

Program One Book One Tree, Pohon Pustaka Enrekang Tanam Pohon di Jalur Pendakian Gunung Latimojong

Aksi penanaman pohon itu dalam rangka pemenuhan kewajiban Pohon Pustaka kepada para donatur, yang telah mendonasikan buku ke perpustakaan itu.

Muh Asiz Albar/Tribun Timur
Pohon Pustaka Kalimbua, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, melakukan penanaman ratusan pohon di sepanjang jalur pendakian baru Gunung Latimojong tepatnya di Desa Pepandungan hingga pos satu. 

TRIBUNENREKANG.COM, BARAKA - Pohon Pustaka Kalimbua, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, melakukan penanaman ratusan pohon di sepanjang jalur pendakian baru Gunung Latimojong.

Aksi penanaman pohon itu dalam rangka pemenuhan kewajiban Pohon Pustaka kepada para donatur, yang telah mendonasikan buku ke perpustakaan itu.

Pengelolah Pohon Pustaka, Darwin mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari program One Book One Tree (Satu Buku Satu Pohon) yang diluncurkan Pohon Pustaka pada bulan Juli 2019 lalu.

"Skema program adalah setiap satu buku yang diterima Pohon Pustaka dari para donatur, akan digantikan dengan menanam satu pohon," kata Darwin, Senin (16/3/2020).

Ia menjelaskan, hingga kegiatan penanaman, Pohon Pustaka telah menerima donasi buku sebanyak 350 eksemplar.

Sebagian besar buku adalah donasi dari Kampung Buku, unit perpustakaan Komunitas Ininnawa Makassar dan Perpustakaan Nasional.

Selain itu, ada juga dari Anitha Maulidyah, Nasrul Todana dan Wahyu Chandra.

Kegiatan penanaman dikelolah oleh PALM Indonesia yang merupakan lini kepemudaan di Pohon Pustaka.

Komunitas petualang ini bertanggung jawab mulai dari menyiapkan bibit, distribusi, hingga penanaman di lokasi.

"PALM menyiapkan bibit 545 batang. Ada dua jenis bibit pohon yang disiapkan yaitu mahoni dan ekaliptus, diperoleh dari Persemaian Permanen BPDASHL Jeneberang Saddang, DKLHK Sul-Sel, Toraja," ujar Pria yang kerap disapa Wiwin Aruan Mori ini.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved