Perekaman KTP Elektronik

750 Pelajar SMA di Makassar Akhirnya Punya KTP-el

Pemerintah Kota Makassar berupaya agar hak politik para pelajar yang duduk di kelas tiga SMA, bisa tersalurkan saat pesta demokrasi.

saldy irawan/tribun-timur.com
Suasana perekaman KTP-el di sekolah oleh Disdukcapil Makassar, baru-baru ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar berupaya agar hak politik para pelajar yang duduk di kelas tiga Sekolah Menengah Atas (SMA), bisa tersalurkan saat pesta demokrasi yang akan berlangsung di Makassar September 2020 mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Aryati Puspa Abadi menyebutkan agar hak politik para pelajar bisa tersalurkan, pihaknya melakukan roadshow di sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el atau identitas para pelajar.

Menurutnya, pelajar yang saat ini duduk di kelas tiga sudah memenuhi syarat untuk memiliki KTP elektronik.

Rata-rata usia pelajar yang duduk di bangku kelas tiga sudah 17 tahun.

Dengan KTP-el, tentu warga memenuhi syarat untuk menyalurkan hak suaranya di bilik suara saat Pemilihan Wali Kota Makassar mendatang.

Ia mengatakan, setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, olehnya itu Pemkot Makassar bergerak cepat melakukan perekaman langsung di sekolah.

Olehnya kata Aryati, dengan perekaman di sekolah juga bertujuan untuk meningkatkan kepemilikan KTP-el bagi masyarakat yang wajib KTP.

"Jadi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib KTP. Kami juga minta pihak sekolah menjadwalkan atau memberikan waktu agar kami bisa datang ke sekolah itu untuk lakukan perekaman," kata Aryati, Senin (16/3/2020).

Perekaman di sekolah telah berlangsung sejak pekan lalu. Tercatat sudah tujuh sekolah SMA dan SMK di Makassar telah disambangi tim Disdukcapil Makassar.

Sekolah yang dimaksud yakni, SMAN 14 Makassar, SMAN 9, SMKN 8, SMKN 10, SMAN 7, SMKN 3, dan SMKN 6.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved