Soal Kabar Arab Saudi Tangguhkan Umrah hingga Setahun, Ternyata Beginilah Faktanya, Juga soal Haji

Soal kabar Arab Saudi tangguhkan umrah hingga setahun, ternyata beginilah fakta, juga soal ibadah haji.

AFP/ABDEL GHANI BASHIR
Situasi di sekitar Kakbah di dalam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, kosong dari para jamaah saat diberlakukan sterilisasi, Kamis (5/3/2020). Terkait merebaknya VIrus Corona, pemerintah Arab Saudi menutup sementara kegiatan umrah dan melakukan sterilisasi di sekitar Kakbah termasuk lokasi untuk melakukan sa’i di antara Bukit Safa dan Marwah. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Soal kabar Arab Saudi tangguhkan umrah hingga setahun, ternyata beginilah fakta, juga soal ibadah haji.

Dampak dari wabah Virus Corona, pelaksanaan ibadah umrah ditangguhkan untuk sementara waktu.

Hal ini membuat banyak calon jamaah umrah waswas.

Kedutaan Besar RI di Riyadh, Arab Saudi meluruskan kabar terkait sikap pemerintah Arab Saudi menunda perjalanan umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi selama setahun untuk menghindari penyebaran Virus Corona.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menerbitkan edaran tentang penangguhan sementara perjalanan umrah ke Mekkah dan kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah.

Kebijakan yang dikeluarkan pada 4 Maret 2020 pukul 17.43 waktu setempat ini berlaku bagi seluruh warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

"Kebijakan tersebut berlaku efektif sejak tanggal diumumkan," kata Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/3/2020) malam.

Kebijakan ini, imbuh dia, merupakan kelanjutan dari kebijakan sebelumnya yang berisi penghentian sementara masuknya jemaah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi dari umat Muslim di seluruh negara.

Kebijakan ini juga berlaku bagi seluruh wisatawan dari negara-negara yang telah memiliki kasus Virus Corona atau Covid-19.

"Upaya ini ditempuh sebagai langkah pengamanan yang secara konsisten telah dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi guna membatasi penyebaran Virus Corona dan mencegah merebaknya wabah virus ini masuk ke Mekkah dan Madinah," kata Agus Maftuh Abegebriel.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved