Breaking News:

Mentan SYL

Terobosan Mentan SYL Perkuat Peran Penyuluh Terbukti Efektif Sesuai Riset Mahasiswa S3 Unpad Bandung

Vivit mempertahankan disertasi pada sidang promosi program doktor bidang ilmu komunikasi di Kampus Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (11/2/2020)

Terobosan Mentan SYL Perkuat Peran Penyuluh Terbukti Efektif Sesuai Riset Mahasiswa S3 Unpad Bandung - vivit-wardah-sidang-promosi-program-doktor-di-bidang-ilmu-komunikasi-di-kampus-unpad.jpg
dok kementan
Pegawai Kementan Vivit Wardah pada sidang promosi program doktor di bidang ilmu komunikasi di Kampus Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (11/2), kemarin. Vivit mengangkat disertasi tentang terobosan Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam menguatkan peran penyuluh untuk menyebarkan inovasi pertanian dinilai tepat.
Terobosan Mentan SYL Perkuat Peran Penyuluh Terbukti Efektif Sesuai Riset Mahasiswa S3 Unpad Bandung - vivit-wardah-pada-sidang-promosi-program-doktor-bidang-ilmu-komunikasi-di-kampus-unpad.jpg
dok kementan
Pegawai Kementan Vivit Wardah pada sidang promosi program doktor di bidang ilmu komunikasi di Kampus Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (11/2/2020). Vivit mengangkat disertasi tentang terobosan Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam menguatkan peran penyuluh untuk menyebarkan inovasi pertanian dinilai tepat.
Terobosan Mentan SYL Perkuat Peran Penyuluh Terbukti Efektif Sesuai Riset Mahasiswa S3 Unpad Bandung - pegawai-kementan-vivit-wardah-sidang-promosi-doktor-bidang-ilmu-komunikasi-di-kampus-unpad.jpg
dok humas kementan
Pegawai Kementan Vivit Wardah pada sidang promosi program doktor di bidang ilmu komunikasi di Kampus Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (11/2), kemarin. Vivit mengangkat disertasi tentang terobosan Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam menguatkan peran penyuluh untuk menyebarkan inovasi pertanian dinilai tepat.

Terobosan Mentan SYL Perkuat Peran Penyuluh Terbukti Efektif Sesuai Riset Mahasiswa S3 Unpad Bandung

 TRIBUN-TIMUR.COM - Program terobosan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin dalam menguatkan peran penyuluh untuk menyebarkan inovasi pertanian dinilai tepat.

Hal tersebut diungkap mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran (Unpad), Vivit Wardah dalam disertasi penelitiannya.

Vivit mempertahankan disertasi pada sidang promosi program doktor bidang ilmu komunikasi di Kampus Universitas Padjajaran, Bandung, Rabu (11/2/2020) lalu.

Pemkot Surakarta: Kementan Hadir Tekan Harga Bawang Putih dan Cabai, Masyarakat Bahagia

Kunjungi Petani Karanganyar, Mentan SYL Serahkan KUR untuk Teknologi 4.0

Menurut Vivit, Kementerian Pertanian (Kementan) kini di bawah komando Syahrul Yasin Limpo mempertajam peran penyuluh dengan menempatkan mereka ke kluster terkecil komunitas petani di tingkat desa.

"Selama ini sebagian besar penyuluh masih berada di bawah wewenang dinas-dinas provinsi dan kabupaten.

"Sehingga organisasinya seringkali berbeda setiap daerah," kata Vivit. Ujung tombak penyuluh juga masih di tingkat kecamatan.

Menurut Vivit, karakter petani di daerah yang ditelitinya membentuk kluster-kluster.

"Kebanyakan petani berinteraksi dalam kluster dengan posisi setara sehingga tidak ada yang saling mendominasi.

"Jarang sekali petani berinteraksi lintas kluster," kata Vivit yang juga pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Kementerian Pertanian.

Depan Pejabat Kementan, Muslimin Bando Janji Jadi Pemasok Bawang Merah

Kementan-Kemenkop UKM Kembangkan Bisnis dengan Korporatisasi Pertanian

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved