Guru Honorer Dapat Gaji Tambahan

KABAR GEMBIRA Gaji Guru Honorer Usai Nadiem Makarim Ubah Skema Dana BOS, Jumlah dan Syaratnya

Satu lagi Kabar Gembira dari dunia guru Indonesia. Guru honorer akhirnya dapat tambahan gaji hasil kebijakan Menteri Nadiem Makarim. Cek syaratnya

KABAR GEMBIRA Gaji Guru Honorer Usai Nadiem Makarim Ubah Skema Dana BOS, Jumlah dan Syaratnya
Tribunnews
KABAR GEMBIRA Gaji Guru Honorer Usai Nadiem Makarim Ubah Skema Dana BOS, Jumlah dan Syaratnya 

TRIBIN-TIMUR.COM - Satu lagi Kabar Gembira dibawa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Kali ini dirinya memastikan akan menaikkan jumlah gaji guru honorer mendekati kata laik.

Hal tersebut ditempuh karena selama bertahun-tahun pemerintah daerah tidak mendukung pembiayaan Guru Honorer.

Ia menilai urusan gaji guru honorer seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

"Memang esensinya itu saya sangat setuju, bahwa seharusnya (gaji guru honorer) di tanggung jawabnya daerah, tapi kenyataannya selama ini dengan selama bertahun-tahun ini masih aja tetap tidak ada dukungan," kata Nadiem dalam "Bincang Sore" bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurut dia, pemerintah daerah seharusnya bisa memastikan kesejahteraan para guru honorer. Nadiem menilai pemerintah daerah hingga saat ini belum menemukan solusi untuk tuntutan kesejahteraan para gaji guru honorer.

"Ini (kebijakan dana BOS terbaru) bukan solusi untuk guru honorer, tapi langkah pertama. Kami harus dari kementerian harus ada rasa tanggung jawab terhadap berbagai macam guru honorer yang layak. Memang enggak semuanya layak dibayar lebih, tapi ada yang layak," ujarnya.

Dalam kebijakan terbaru, Kemendikbud memperbolehkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga 50 persen untuk gaji guru honorer. Langkah tersebut diambil sebagai solusi pertama untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer di Indonesia.

"Jadinya ini (dana BOS terbaru) hanya langkah pertama dan ini karena adanya juga enggak terlalu besar gitu. Bukannya ada peningkatan apa-apa, tapi yang diberikan fleksibilitas silakan. Siapa yang mengetahui? Paling," ujar Nadiem.

Kemendikbud, lanjut Nadiem, akan mencari solusi lebih baik terbaik untuk guru honorer. Kemendikbud saat ini memberikan solusi pertama dari pemerintah pusat untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer.

Halaman
123
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved