Doktor Muda Unhas

Inspiratif, Pria Asal Pinrang Ini Berhasil Raih Gelar Doktor Muda Unhas

Di usianya yang masih terbilang muda, ia telah berhasil meraih gelar doktor dalam Program Pascasarjana Ilmu Hukum Unhas.

Inspiratif, Pria Asal Pinrang Ini Berhasil Raih Gelar Doktor Muda Unhas
Syafa’at Anugrah
Syafa’at Anugrah Pradana (26)

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Syafa’at Anugrah Pradana (26), potret pemuda inspiratif dan berprestasi asal Kabupaten Pinrang.

Di usianya yang masih terbilang muda, ia telah berhasil meraih gelar doktor dalam Program Pascasarjana Ilmu Hukum Unhas.

Capaian itu diraih pria kelahiran 1993 ini usai berhasil mempresentasekan dan mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Hakikat Desentralisasi dalam Urusan Pemerintahan Konkuren di Bidang Pendidikan Menengah’.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penelitian ini. Terkhusus kepada orang tua, keluarga kecil saya, sahabat, maupun civitas akademika FH Unhas," kata Syafaat saat dikonfirmasi TribunPinrang.com, Jumat (14/2/2020).

Ia membeberkan, disertasinya tersebut dibuat berangkat dari kegelisahannya terhadap adanya pengalihan kewenangan pengelolaan urusan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pengalihan kewenangan itu mengacu pada Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Berdasarkan peraturan tersebut, SMA yang dulunya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, kini mesti dialihkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov).

"Ada problem pengelolaan pendidikan menengah ketika ditangani oleh provinsi. Itulah sebabnya, saya sangat antusias meneliti hal ini," kata ayah dua anak ini.

Menurut Syafa'at, adanya pengalihan kewenangan tersebut menjadi problem tersendiri bagi dunia pendidikan lingkup SMA di daerah. Itu karena Pemprov memiliki power sebagai pemegang kendali.

Melalui powernya itu, maka Pemprov berhak melakukan mutasi guru di kabupaten/kota, yang notabene akan berdampak pada kehidupan keluarganya.

Halaman
12
Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved