Pilwali Makassar

Bos Parpol di Makassar Tak Berani Nyalon di Pilwali, Ini Kata Pengamat Politik UINAM

Di antaranya, Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali dan Ketua DPC Gerindra Makassar Eric Horas

Syahrir Karim
Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim, menilai Gelora) pimpinan Anis Matta punya magnet tersendiri. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar yang juga sebagai ketua partai politik (parpol) di Makassar tidak berani maju bertarung pada pemilihan wali kota (Pilwali) Makassar.

Mereka yang sebelumnya menyatakan sikap maju di pilwali 2020 hanya mendaftar di partainya.

Di antaranya, Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali dan Ketua DPC Gerindra Makassar Eric Horas

Di luar DPRD Makassar ada Farouk M Betta (ketua Golkar), dan Andi Rachmatika Dewi (ketua Nasdem). Keduanya juga mendaftar di partainya.

Pada pilwali 2020 tidak satupun parpol bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi. Meski mendaftar di partainya, mereka tidak sesering cakada lainnya melakukan tatap muka dengan masyarakat selaku pemilih.

Saat ini, mereka yang disebut-sebut intens melakukan komunikasi dengan masyarakat hanya petarung lama. Di antaranya, Irman Yasin Limpo, Mohammad Ramdhan Pomanto, Syamsu Rizal MI, dan Munafri Arifuddin.

Terkait hal tersebut Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar Syahrir Karim menilai jika para pimpinan parpol yang duduk di DPRD memilih bermain aman pasca Pileg 2019 lalu.

"Yang pasti mereka khawatir tidak terpilih. Konsekwensinya kan mereka harus mundur dari anggota legislatif. Saya kira faktor utamanya itu," kata Karim kepada Tribun, Selasa (28/1/2020).

Bahwa kemudian mereka punya modal politik dan sosial, Karim membenarkan hal tersebut. Namum ia menilai itu tidak cukup.

"Saya kira banyak pertimbangan yang membuat mereka tidak berani mengambil resiko. Mereka takut kalah. bisa jadi karena pertimbangan kerugian materi baik pada saat kontestasi caleg lalu maupun saat pilwali nantinya," katanya lagi.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved