Pelindo

Pelindo IV Siapkan Investasi Rp 500 Miliar untuk Pembangunan Pelabuhan Lok Tuan

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang modal sebesar itu akan digunakan untuk melakukan reklamasi seluas 52.506 meter persegi.

Pelindo IV Siapkan Investasi Rp 500 Miliar untuk Pembangunan Pelabuhan Lok Tuan
Pelindo IV
Suasana pertemuan Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang dengan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, Ketua DPRD Bontang, Andi Faisal Sofyan Hasdam serta beberapa pejabat dari instansi terkait. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyiapkan anggaran investasi jangka pendek sebesar Rp 500 miliar untuk mengembangkan Pelabuhan Umum Lok Tuan Bontang di Kalimantan Timur.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang modal sebesar itu akan digunakan untuk melakukan reklamasi seluas 52.506 meter persegi.

Dimana, nantinya akan menjadi container yard (CY) atau lapangan penumpukan seluas 38.111,4 meter persegi serta Container Freigt Station (CFS) atau area pergudangan dengan luas 5.282 meter persegi.

"Akan dibangun Dermaga IV dan V ukuran 140 x 18 meter dengan fasilitas dan utilitas seluas 5.989 meter persegi,” katanya melalui rilisnya, Rabu (22/1/2020).

Ia menyebutkan, rencana pembangunan Pelabuhan Umum Lok Tuan Bontang sesuai Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Lok Tuan (KM 75 Tahun 2009 tanggal 2 Desember 2009).

Dimana pengerukan akan dilakukan hingga kedalaman minus 9 mLWS.

“Hasil pengerukan itu yang akan digunakan untuk kegiatan reklamasi,” ucapnya.

Rencananya terminal petikemas yang dibangun akan mampu menampung kontainer sebanyak 180.000 TEUs per tahun.

Selain membangun pelabuhan, menurut Farid, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah peralatan yaitu Container Crane (CC), Reach Stacker (RS), Head Truck, Tronton dan Forklift untuk menunjang kegiatan bongkar muat di pelabuhan yang akan dibangun pada 2020 dan rencana rampung pada 2024.

Menurutnya, Pelabuhan Lok Tuan Bontang perlu dibangun terminal petikemas. Tujuannya untuk mengakomodasi kegiatan bongkar muat petikemas, serta mengantisipasi pertumbuhan arus barang.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved