Ujian Nasional 2020

Disdik Sulsel Akan Bagi-bagikan Kisi-kisi UN ke Siswa, Soal-soal Dijamin Lebih Mudah

Tahun ini merupakan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang terakhir kalinya

Disdik Sulsel Akan Bagi-bagikan Kisi-kisi UN ke Siswa, Soal-soal Dijamin Lebih Mudah
Tribun Jabar
Ilustrasi 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Tahun ini merupakan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang terakhir kalinya. Karena merupakan perhelatan yang terakhir kalinya, soal-soal yang akan disajikan di UNBK nantinya akan lebih mudah dibanding soal-soal tahun sebelumnya.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, M Sabri, Minggu (19/1) mengatakan, untuk mematangkan pelaksanaan UNBK 2020, berbagai kegiatan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sulsel di sekolah SMA dan sederajatnya.

Salah satunya dengan membagikan kisi-kisi soal UNBK sejak dini kepada siswa calon peserta ujian. Calon peserta juga diajak untuk melakukan simulasi dan memberikan supporting kepada para siswa.

Menurut Sabri, dengan kisi-kisi soal UN yang dibagikan kepada para pelajar, ini akan memudahkan pelajar untuk mengisi setiap soal yang akan disajikan dalam ujian.

"Jadi di UN ini kita berupaya agar pelajar tidak merasa kesulitan dalam menghadapi UN. Apalagi UN ini bukan syarat kelulusan seorang siswa," kata Sabri.

Terkait dengan sarana, Dinas Pendidikan Sulsel pada tahun 2019 lalu telah menggelontorkan sebanyak Rp 20 miliar untuk kebutuhan komputer, genset, dan pemancar jaringan internet yang dipasang di sekolah.

Semua kelengkapan (sarana dan prasarana) ini, telah diadakan di semua sekolah yang mengajukan permohonan bantuan alat kelengkapan sekolah.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan Sulsel, Setiawan Aswad mengatakan terkait dengan pengadaan kelengkapan sarana komputer, Disdik memprioritaskan memberikan kepada daerah-daerah terisolir.

Alasannya ini untuk memudahkan pihak sekolah, agar pelaksanaan UNBK-nya tidak meminjam ruangan di sekolah lain.

"Kita sudah tekankan dari Pak Gub juga supaya SMK dan SMA yang ada di daerah terisolir itu bisa diprioritaskan untuk pengadaan komputernya. Kita harapkan memang pada akhirnya tidak ada lagi SMA atau SMK yang meminjam komputer," katanya.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved