Tribun Mamuju

Bupati Mamuju Beberkan Dilema Pengelolaan Dana Desa dan Kelurahan

Hal itu disampaikan Habsi pada acara edukasi dan sosialisasi pengelolaan dana desa/alokasi dana desa dan alokasi dana kelurahan bagi para Kepala Desa

Bupati Mamuju Beberkan Dilema Pengelolaan Dana Desa dan Kelurahan
Nurhadi
Edukasi dan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa/Alokasi Dana Desa dan Alokasi Dana Kelurahan bagi para Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Mamuju di Aula Kantor Bupati Jl Soekarno Hatta, Kekirahan Karema 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Bupati Mamuju Habsi Wahid, mengungkapkan dilema pengelolaan Dana Desa/Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana kelurahan.

Hal itu disampaikan Habsi pada acara edukasi dan sosialisasi pengelolaan dana desa/alokasi dana desa dan alokasi dana kelurahan bagi para Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Mamuju, di Aula Kantor Bupati, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, kucuran anggaran yang terbilang tinggi tak berbanding lurus dengan kemampuan tata kelola yang dilakukan oleh pemerintah desa.

"Satu diantara penyebabnya, adalah minimnya pemahaman pengelola anggaran terhadap peraturan pemerintah yang mengatur tentang tata kelola keuangan ditingkat desa,"ujarnya.

Tak sampai disitu saja, faktor eksternal turut mempengaruhi para aparat desa dalam menyikapi berbagai persoalan terkait dengan tata kelola keuangan desa.

“Misalnya posisi anggaran yang cukup tinggi menjadi pintu yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu, dengan memberi tekanan kepada kepala desa untuk membuka pintu bagi mereka dalam melakukan intervensi. Mulai dari tata kelola kegiatan hingga keuangan di tingkat desa,"katanya.

Habsi berharap melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut, ada penguatan intelektual dalam rangka peningkatan SDM Kepala Desa.

"Tentu melalui arahan-arahan terkait penataan anggaran desa dengan baik dan efektif,"ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat Darmawel Aswar, mengakui bahwa perihal dana desa banyak dikeluhkan oleh sejumlah para Kepala Desa.

Problem tersebut menurutnya sudah menjadi masalah yang cukup lumrah. Namun butuh penanganan serius agar tak terus terjadi.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved