Pemilu 2019

KPU Luwu Timur Evaluasi Pemilu 2019

Seperti diketahui, Kabupaten Luwu Timur akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

ivan/tribunlutim.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur melaksanakan evaluasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (30/12/2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur melaksanakan evaluasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (30/12/2019).

"Evaluasi dibutuhkan untuk menjadi pertimbangan bagi penyelenggara guna melaksanakan pemilu yang lebih baik," kata Ketua KPU Luwu Timur, Zainal.

Seperti diketahui, Kabupaten Luwu Timur akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

Zainal mengatakan penerapan regulasi administrasi kependudukan belum maksimal. Juga akurasi pendataan petugas pemutakhiran data pemilih belum maksimal.

"Termasuk kesadaran masyarakat masih kurang akan pentingnya data kependudukan atau e-KTP," tutur Zainal.

Ia menambahkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur juga perlu menyurati kades agar mengumpulkan warganya merekam e-KTP.

"Surati kades untuk kumpul orang lakukan perekaman. Kita juga cari cara agar masyarakat ini sadar untuk melakukan perekaman," imbuhnya.

Selain itu, perilaku sejumlah warga yang membuat KTP baru, namun tidak menyerahkan e-KTP lama ke petugas disdukcapil untuk datanya diubah.

Imbasnya, dalam pendataan pemilih, warga ini terdaftar di dua tempat untuk memilih sesuai pada data e-KTP lama dan e-KTP baru.

"Perilaku seperti ini akhirnya terjadi pemilih ganda," tuturnya.

Hadir Ketua dan Anggota Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja dan Sukmawati Suaib serta perwakilan parpol, Disdukcapil dan Kesbangpol Luwu Timur.

Turut hadir Komisioner KPU, Adam Safar, Hastuti, Mulyana Mulkin, Muhammad Abu dan Sekretaris KPU Luwu Timur, Rahmansyah.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved