DPRD Sulbar

DPRD Sulbar Bongkar Ulang RPJMD 2017-2022, Ada Apa?

"Salah satu alasan kenapa harus dilakukan revisi adalah terkait internalisasi kelembagaan BUMD. Ternyata selama ini dalam RPJMD tidak ada sama sekali

DPRD Sulbar Bongkar Ulang RPJMD 2017-2022, Ada Apa?
nurhadi/tribunmamuju.com
Ketua Pansus Revisi RPJMD 2017-2022 Hatta Kainang diwawancarai di lantai III Gedung DPRD Sulbar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat, bongkar ulang  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 Pemprov.

Ketua Panitia Khusus (Pansul) Revisi RPJMD DPRD Sulawesi Barat, Hatta Kainang mengatakan, pihaknya sudah melakukan telaan yang konferensip, dan menemukan beberapa hal yang perlu disikapi oleh tim penyusun.

"Salah satu alasan kenapa harus dilakukan revisi adalah terkait internalisasi kelembagaan BUMD. Ternyata selama ini dalam RPJMD tidak ada sama sekali menyebutkan kata-kata BUMD,"ujar Hatta Kainang.

Padahal, kata dia, dalam PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang pendirian BUMD, diterangkan bahwa harus termaktub dalam dokumen RPJMD.

"Ternyata dalam prosesnya, BUMD sudah berdiri, ada Perseroda yang menyangkut PI Migas, ada Sulbar Malaqbi, kemudian ada Perumda dan disertai penyertaan modal.

Tapi ternyata tidak jelas cantolannya dalam RPJMD, sehingga kami minta Bappeda tegas memasukkan kata-kata BUMD,"jelas Alumni Fakultas Hukum Unhas Makassar itu.

Hatta menegaskan, jika tak segera diatur akan menyalahi regulasi yang lebih tinggi atau anjuran Kemendagri, akan menjadi anprosedural, semua proses penggunaan penyertaan modal pasti akan ilegal karena tidak memiliki cantolan.

"Makanya kami bersama teman-teman staf ahli DPRD, melakukan krosing data, menyandingkan antara RTRW, KLHS, RPJMN.

Serta data-data statistik dengan RPJMD yang sekarang, apakah berkesusuaian, termasuk Rekomendasi Ditjen Bangda ada 16 poin,"katanya.

Ia menjelaskan, mengapa hal itu perlu untuk diseriusi sebab RPJMD adalah kitab pembangunan, menjadi dasar dalam membangun, menjadi bahan untuk melahirkan turunan, seperti RKPD, Resnstra dan Program di OPD.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved