PKPM Luwu Timur

Warga Desa Langkea Raya Towuti Ikuti Sosialisasi tentang Perlindungan Anak

SOSIALISASI tentang perlindungan anak terhadap pengaruh gadget digelar di Aula Kantor Desa Langkea Raya, Jl Veteran, Dusun Verbeck, Kecamatan Towuti,

Warga Desa Langkea Raya Towuti Ikuti Sosialisasi tentang Perlindungan Anak
faizal halim
SOSIALISASI Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) digelar di Aula Kantor Desa Langkea Raya, Jl Veteran, Dusun Verbeck, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (17/12/2019) 

Citizen report

Faizal Halim

Fasilitator/Pendamping Program PPM-PKPM Luwu Timur

Melaporkan dari Kecamatan Towuti 

faizal halim/pendamping pkpm lutim
faizal halim/pendamping pkpm lutim (ist)

SOSIALISASI Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) digelar di Aula Kantor Desa Langkea Raya, Jl Veteran, Dusun Verbeck, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (17/12/2019). 

Sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 wita itu menghadirkan Muhammad Basir P.G dari lembaga Tiara Care L sebagai pembicara PATBM. 

Menurut Basir, kekerasan anak paling dekat terjadi di keluarga dan di lingkungan.  “Selain itu, penyakit yang ada dalam keseharian kita adalah "penyakit gadget ",” katanya. 

Wabup Luwu Timur Minta Pelaku PKPM PT Vale Paham Tugas dan Fungsi

Olehnya bagi pelaku yang biasanya memberikan pembelajaran, terutama guru, diimbau tutut memberikan contoh. “Jangan ki larang anak didik main HP sedangkan kita main HP,” tambahnya. 

Kekerasan terhadap anak dapat berupa kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual,  dan kekerasan media sosial. 

Orangtua dan tenaga pendidik juga diminta tidak mengekploitasi anak dalam kesehariannya, apalagi anak memiliki Hak Rekreasi. “Salah satu hak anak adalah hak bermain. Pemerintah juga harus menyediakan Pojok ASI,” katanya. 

Beberapa hal perlu diberikan solusi bagi sikap anak dan orangtua dalam menghadapi perlakuan anak seperti orangtua jangan marah duluan tanpa memberikan nasihat.

VIDEO: Apa Itu PKPM dan Manfaatnya untuk Warga Luwu Timur? Ini Penjelasan Wabup Irwan Bachri Syam

“Jangan sekali-kali memukul, apalagi menyentuh yang namanya kepala anak karena itu (kepala ibarat CPU pada computer,” tegasnya.

Diharapkan ada kader PATBM yang terbentuk di Desa Langkea Raya dan dijadikan program desa yang berhubungan dengan perlindungan anak. 

Kegiatan tersebut dihadiri Kades Langkea Raya, Nathan S,  Babinsa, Djufri,  Babinkamtibmas, Syafar, jajaran kepala SMP/SMU, kepala dusun, Ketua BPD, Nur Kahfi, jajaran ketua RT, kader desa, bidan desa, dan undangan.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved