PESONA DESA

Jauh dari Puskesmas, Pemdes Tabo-tabo Sediakan Mobil Layanan Kesehatan untuk Warganya

Kepala Desa Tabo-tabo, Umar Zain, menjelaskan tujuan pemerintah desanya mengadakan mobil tersebut untuk melayani kebutuhan warganya yang sakit dan per

Jauh dari Puskesmas, Pemdes Tabo-tabo Sediakan Mobil Layanan Kesehatan untuk Warganya
faisal/operator desa tabo tabo
Mobil Layanan Kesehatan Masyarakat Desa Tabo-tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, untuk melayani warga desa setempat yang membutuhkan keperluan medis seperti rujukan ke puskesmas 

Citizen report

Faisal, Operator Desa Tabo-tabo

Melaporkan dari Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep 

Operator Desa Tabo-tabo, Faisal
Operator Desa Tabo-tabo, Faisal (ist)

PEMERINTAH Desa Tabo-tabo di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, menyediakan mobil pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa. 

Pengadaan mobil layanan kesehatan itu menggunakan anggaran alokasi Dana Desa. Kepala Desa Tabo-tabo, Umar Zain, menjelaskan tujuan pemerintah desanya mengadakan mobil tersebut untuk melayani kebutuhan warganya yang sakit dan perlu dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit. 

“Apabila ada warga yang sakit atau ingin melahirkan kemudian harus dirujuk maka  tidak perlu lagi repot-repot dan menunggu lama kedatangan mobil ambulans dari puskesmas yang letaknya berada di pusat kota kecamatan,” papar Kades Umar Zain, Kamis (13/12/2019).

Komunitas Motor Trail Pangkep Bakti Sosial di Desa Tabo-tabo 

Disebutkan Desa Tabo-tabo berada di pelosok bagian utara Kecamatan Bungoro. “Desa kami paling jauh dari pusat kota kecamatan, jadi sangat sulit apabila ada masyarakat kami yang sakit atau ingin melahirkan,” tambahnya. 

Sementara peralatan medis di pustu dan poskesdes di Desa Tabo-tabo masih sangat minim. “Mau tidak mau harus dilarikan ke puskesmas. Dengan adanya mobil ini masyarakat desa kami tentunya tak perlu pusing lagi mencari mobil atau menunggu ambulans dari puskesmas datang menjemput,” kuncinya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved