PT Vale Gelar Simulasi Berkala RTD Bendungan Larona

Salah satu sesar aktif tersebut adalah Sesar Matano yang memanjang dari barat laut hingga tenggara, melewati Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

PT Vale Gelar Simulasi Berkala RTD Bendungan Larona
PT Vale
PT Vale Gelar Simulasi Berkala RTD Bendungan Larona 

TRIBUN-TIMUR.COM, SOROWAKO - Pulau Sulawesi dikelilingi oleh patahan (sesar) aktif yang pergeserannya memberi dampak berupa gempa bumi, baik skala kecil hingga gempa bermagnitudo besar.

Salah satu sesar aktif tersebut adalah Sesar Matano yang memanjang dari barat laut hingga tenggara, melewati Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Data BMKG menginformasikan bahwa di sepanjang 2019 sudah terjadi sekitar 40 gempa di Sesar Matano.

Sekaitan hal tersebut, manajen PT Vale Indonesia, Pemkab Luwu Timur, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lutim, menggelar simulasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Seri Sungai Larona.

Puncak simulasi digelar pada 11 Desember 2019. Sebelum digelar, dilakukan beberapa kegiatan awal seperti diskusi Table Top Drill  pada 5 Desember, Pelatihan penyelamatan oleh tim Fire & Emergency Services PT Vale dan BPBD Lutim pada 9 Desember, dan gladi bersih simulasi RTD pada 10 Desember 2019.

Skenario yang  disimulasikan adalah kegagalan tiga PLTA di Luwu Timur sebagai dampak kejadian gempa.

Warga dari 9 dusun yang ada di 6 desa, Kecamatan Malili—yaitu Desa Balantang, Desa Baruga, Desa Puncak Indah, Desa Pongkeru, Desa karebbe, dan Desa Pasi-Pasi—dilibatkan dalam simulasi tersebut.

Lapangan Merdeka ditetapkan sebagai Posko Komando, Posko Kesehatan, sekaligus titik evakuasi warga.

Puncak simulasi dimulai pukul 08.00 WITA. Pihak-pihak yang dilibatkan dalam Rencana Tindak Darurat adalah TNI, Polri, Dinas Sosial, SAR, Pemerintah Desa, dan para relawan.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari RTD Bendungan Seri Sungai Larona yang telah diadakan PT Vale pada Desember 2018.

Halaman
12
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved