Teknologi Perbanyakan Tanamam Kopi

Torut Gandeng BPPT Gelar Sosialiasi Disemensi Teknologi Perbanyakan Tanamam Kopi

Sosialisasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementrian Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Torut Gandeng BPPT Gelar Sosialiasi Disemensi Teknologi Perbanyakan Tanamam Kopi
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Pemda Toraja Utara melalui Dinas Pertanian menggelar sosialisasi Diseminasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Kopi Secara Ex Vitro. 

TRIBUNTORAJA.COM,RANTEPAO--Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Toraja Utara bekerjasama dengan BPPT menggelar sosialisasi Diseminasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Kopi Secara Ex Vitro, Selasa (26/11/2019).

Sosialisasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Kegiatan tersebut digelar di Kelurahan Buntu Pasele, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Dihadiri 55 orang peserta yang terdiri dari penyuluh, petani kopi, Dinas Pertanian dan penangkar benih Toraja Utara.

Kegiatan Ini dibuka langsung oleh Bupati Toraja Utara, Dr Kalatiku Paembonan.

Melalui sosialiasi itu, Kalatiki mengaku kagum akan perkembangan penanaman, khususnya pada sektor holtikiltura.

" Saya sangat kagum dan bangga para penyuluh tampil luar biasa ,karena penyuluh adalah teman dekat saya, tahun 60-70 orang tua kita sangat rajin dan kuat dalam mengembangkan gerakan penanaman, sungguh mandiri seperti tanaman holtikultura," ungkap Bupati Torut itu.

Tapi, kata Kalatiku, setelah 15 tahun terakhir, kita dipasok oleh kabupaten tetangga, hanya sempat mandiri di dua item yaitu cabe jenis katokkon dan tomat.

Dijelaskan Kalatiku, BPPT adalah partner, yang dimana sebuah awal yang baik untuk menggerakkan teman (gerakan penanaman).

"Semangat itu tidak boleh kendor dalam situasi apapun, teman penyuluh harus betul-betul bergerak jangan sampai waktu berlalu," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Tommy Paseru
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved