Hari Pahlawan ke-74, Nurdin Abdullah: Menjadi Pahlawan Masa Kini Dapat Dilakukan oleh Semua Warga

Peringatan Hari Pahlawan ini juga dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Langkah yang bisa di

Hari Pahlawan ke-74, Nurdin Abdullah: Menjadi Pahlawan Masa Kini Dapat Dilakukan oleh Semua Warga
Humas Pemprov Sulsel
Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah menjadi inspektur upacara (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Minggu, 10 November 2019. 

TRIBUN TIMUR.COM, MAKASSAR, - Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah menjadi inspektur upacara (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Minggu, 10 November 2019.

Nurdin Abdullah menyampaikan amanat upacara dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Tak Ikuti Perintah Tito Karnavian,Begini Nasib Brigadir AM Penembak Mahasiswa UHO Kendari yang Tewas

Bupati Pinrang Dorong Pengembangan Kopi Khas Kobass

1.154 Pohon Ditanam Perindah Kota Sungguminasa Gowa

Rayakan Hari Pahlawan, Lions Club Makassar Akan Gelar Donor Darah

FAKTA Engely Emitasari, Biduan Dangdut Cantik yang Viral Usai Menang Pemilihan Kepala Desa

The Founding Father Indonesia Bung Karno yang mengatakan bahwa "Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," sebutnya.

Gubernur menyampaikan banyak makna yang bisa dipetik dari perayaan Hari Pahlawan dari tahun ke tahun. Salah satunya dengan mengisi kemerdekaan.

"Sangat jelas pesan-pesan pahlawan kita, mulai dari Bung Karno, terus Pattimura, Jenderal Sudirman, itu kita rasakan. Bahwa meraih kemerdekaan dan mengusir penjajah itu, katanya jauh lebih mudah dibanding tantangan generasi mendatang," kata Nurdin Abdullah.

Tantangan yang dimaksud adalah musuh yang datang saudara sendiri. Untuk itu, maka bangsa Indonesia harus memperkuat dengan menjadikan saudara sebangsa se-tanah air menjadi kekuatan bersama.

" Saya kira ini pesan moral yang harus kita maknai lebih luas, bahwa para pahlawan sudah meraih kemerdekaan ini, tentu mari kita mengisi kemerdekaan ini," sebutnya.

Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah menjadi inspektur upacara (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Minggu, 10 November 2019.
Gubernur Sulawesi Selatan M Nurdin Abdullah menjadi inspektur upacara (Irup) pada perayaan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Minggu, 10 November 2019. (Humas Pemprov Sulsel)

Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum membangkitkan semangat berinovasi bagi bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

Nurdin melanjutkan bahwa menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh semua warga dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, ataupun dengan tidak melakukan perbuatan anarkis.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Langkah yang bisa dilakukan dengan menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini.

Halaman
12
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved