TRIBUN WIKI

Atraksi Ma’raga

Atraksi permainan tradisional Maraga atau biasa dikenal A’raga merupakan pertunjukan permainan bola raga yang dipindahkan dari kaki ke kaki

Atraksi Ma’raga
Youtube Tribun Timur
Atraksi Ma’raga 

TRIBUNTIMURWIKI.COM - Masyarakat Kota Makassar tentu tidak asing lagi dengan atraksi Maraga.

Atraksi permainan tradisional Maraga atau biasa dikenal A’raga merupakan pertunjukan permainan bola raga yang dipindahkan dari kaki ke kaki atau ke tangan.

Pertunjukan ini dimainkan dengan suka cita.

Pertunjukan ini akan semakin menarik ketika para pemain mulai saling menopang hingga semakin tinggi dan tetap lihai memainkan bola dan tidak terjatuh ke tanah.

Seperti dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id pada mulanya Ma’raga dilakukan di kalangan bangsawan saja, kemudian berkembang di kalangan masyarakat luas.

Kemudian menjadi permainan dan atraksi hiburan di kala senggang untuk membangkitkan suasana senang dan gembira bagi pemain dan penonton, atau konon bagi muda-mudi dijadikan sarana unjuk ketangkasan untuk menarik perhatian gadis pujaan.

Selanjutnya berkembang menjadi atraksi hiburan untuk menjamu tamu atau memeriahkan perayaan, hingga menjadi permainan yang bersifat kompetetif dan diperlombakan.

Ma’raga atau A’raga menggunakan bola yang disebut raga, seperti yang dipergunakan dalam permainan sepak takraw, namun lebih tebal karena rotannya dianyam tiga lapis.

Jumlah pemain biasanya terdiri dari 5 – 15 orang pria usia remaja sampai dewasa, dengan berpakaian adat Passapu atau destar.

Passapu yang digunakan adalah jenis Passapu Patonro yaitu destar yang berdiri tegak. Permainan terkadang diiringi tetabuhan gendang sebagai penyemangat.

Halaman
1234
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved