Luar Biasa, Belum Sebulan Jadi Mentan, Syahrul Yasin Limpo Sudah Pecahkan Rekor Padi Panen Tercepat

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memecahkan rekor panen padi tercepat di Indonesia. Usia padi di Indonesia kini hanya 70 hari

Luar Biasa, Belum Sebulan Jadi Mentan, Syahrul Yasin Limpo Sudah Pecahkan Rekor Padi Panen Tercepat
dok.tribun
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berbincang dengan petani di tengah sawah saat menghadiri panen raya di Karawang, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019) sore. 

Ketahanan pangan semakin terbukti di Indonesia. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memecahkan rekor panen padi tercepat di Indonesia. Usia padi di Indonesia kini hanya 70 hari, atau dua bulan 10 hari.

TRIBUN-TIMUR.COM, KARAWANG - Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo panen padi perdana bersama Kepala Staf Preside (KSP) Jenderal Muldoko di Gapoktan Saluyu, Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (7/11/2019) sore.

Bersama Kepala KSP Jenderal Moeldoko, Syahrul Yasin Limpo memanen padi super genjah varietas MD 70 D. Hadir juga Wakil Bupati, Dandim kapolres Dirjen tanaman pangan, serta Kadis Pertanian Karawang.

“Ini panen raya uji coba bibit dengan waktu lebih cepat. Bibit ini hanya membutuhkan waktu 70 hari dari masa tanam. Ini hebat. Langkah pertama di sawah yang membahagiakan," jelas Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Menurutnya, selain cepat, hasilnya juga hebat. hasil ubinannya mencapai 9,2 ton Gabah Kering Giling (GKG). “Dalam satu hektare mampu menghasilkan 8 sampai 9,2 ton gabah,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

KSP Jenderal Muldoko yang juga Ketua HKTI menjelaskan jenis tanaman yang varietas padi super genjah M 70 D umur genjah kurang lebih umur 70 hari produksinya cukup tinggi dan rasa nasinya enak, harapan Moeldoko benih padi ini dapat menyebar di tingkat petani

Wakil Bupati Karawang H Ahmad Zamakshary menyampaikan Karawang merupakan salah satu kabuparen lumbung pangan di Jawa Barat dengan potensi lahan seluas 87.000 Ha dan perlunya perbaikan saluran air sekunder untuk memaksimalkan peningkatan produksi padi di karawang

Usai panen, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, bahwa membangun pertanian tidak hanya dibangun oleh pemerintah tetapi melibatkan seluruh masyarakat.  

Petanian diharapkan menjadi gerakan masyarakat menjaga keutuhan bangsa dan negara. 

“Peningkatan produktivitas padi kita di Karawang ini dapat lebih maju mandiri dan modern. Selain itu, kita membangun pertanian dari bawah melalui Kostratan berbasis kecamatan melalui Balai Penyuluhan Pertanian pada tingkat kecamatan, tutur mantan ketua APPSI,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Halaman
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved