Sekprov Sulbar Sebut Pemulihan DAS Tanggungjawab Bersama

Sekprov Sulbar Sebut Pemulihan DAS Tanggungjawab Bersama. Dr Muhammad Idris membuka workshop pengendalian kerusakan perairan darat

Sekprov Sulbar Sebut Pemulihan DAS Tanggungjawab Bersama
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Pembukaan workshop pengendalian kerusakan perairan darat melalui publik-private partnership dan imbal jasa lingkungan tahun 2019 di Grand Maleo Hotel Jl Yos Sudarso, Kulurahan Binanga, Mamuju, Sulbar.(nurhadi/tribun) 

 Sekprov Sulbar Sebut Pemulihan DAS Tanggungjawab Bersama

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Dr Muhammad Idris membuka workshop pengendalian kerusakan perairan darat melalui publik-private partnership dan imbal jasa lingkungan tahun 2019.

Workshop yang digelar di Grand Maleo Hotel Jl Yos Sudarso, Kulurahan Binanga, Mamuju, bertujuan memberikan pengamanan tentang gerakan urun daya pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Selain itu, juga mengajak seluruh pihak untuk bergerak aktif dalam pemulihan DAS.

Baca: Siapa Calon Kapolri Idham Azis Pengganti Tito Karnavian? Pernah Buru Tommy Eks Ipar Prabowo Subianto

Baca: Selain Putri Anggota TNI Peluk, Temani Mayat Ibunya di Makassar, Ada Juga Bayi 7 Bulan di Surabaya

Baca: LENGKAP Pendaftaran CPNS 2019 di sscasn.bkn.go.id 11 November, Syarat, Dokumen,Cara Daftar di SSCASN

Menurut Idris, memulihkan dan mempertahankan DAS tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tapi menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Jika pemerintah saja yang berperan, maka memulihkan DAS dan menjaga DAS akan sangat terbatas kemampuannya, karena keterbatasan anggaran. Juga disebabkan adanya target waktu yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan suatu kegiatan,"kata Idris.

Olehnya, lanjut Idiris, untuk itu perlu pelibatkan semua pihak atau sektor untuk menjaga dan memulihkan DAS.

"Skema kerjasama yang bisa dikembangkan antara lain kerja sama pihak swasta dan masyarakat, dan skema kerja sama pemerintah dengan pihak swasta,"ucapnya.

Saat ini, kata dia, upaya yang sedang dilakukan dan menjadi salah satu program prioritas kementerian lingkungan hidup dan kehutanan adalah bagaimana memulihkan DAS.

"Sulbar merupakan salah satu daerah yang kompleks dimana memiliki beberapa DAS. Peran semua pihak dapat dilaksanakan dengan gerakan "Urun Daya", urun daya dimaksud dapat berupa sharing ide atau pemikiran, sharing tenaga, sharing dana, atau semua hal yang merupakan input positif untuk perbaikan lingkungan DAS,"jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved