Ini Perjalanan Fachrul Rozi Dari Mantan Wakil Panglima TNI, Komisaris, Kini Memimpin Kemenag

Ia adalah Jenderal (Purn) TNI Fachrul Rozi ditunjuk menjadi Menteri Agama dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ini Perjalanan Fachrul Rozi Dari Mantan Wakil Panglima TNI, Komisaris, Kini Memimpin Kemenag
Kompas.Com
Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fachrul Rozi 

TRIBUN TIMUR.COM, JAKARTA - Sebagian besar masyarakat umum di Indonesia tidak mengetahui latar belakang sejumlah menteri Jokowi-Ma'ruf saat ini. Salah satunya Fachrul Rozi yang diangkat menjadi Menteri Agama RI. 

Ia adalah Jenderal (Purn) TNI Fachrul Rozi ditunjuk menjadi Menteri Agama dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Anak Dibawah Umur Lepas Keperawanan Lewat Mucikari, Segini Tarif Sekali Pakai

Unhas Laksanakan Pengabdian Masyarakat untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Maros

MENGENAL Gista Putri Istri ke-3 Menteri Pariwisata Wishnutama Beda 11 Tahun & Anak Buah di NET TV

Lawan PSM, Jaimerson; Semua Pemain PSM Harus Diwaspadai

Prabowo Subianto Gagal Jadi Presiden, Kini Jadi Menteri Jokowi, Segini Gaji yang Bakal Diterima

Laki-laki kelahiran Banda Aceh, 26 Juli 1947 itu merupakan satu dari sejumlah pensiunan TNI yang dipercaya Jokowi memperkuat kabinet jilid kedua pemerintahannya. Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Fachrul merupakan lulusan Akademi Militer 1970.

Kariernya di TNI terbilang moncer hingga ia memperoleh pangkat jenderal alias bintang empat.

Dipanggil Jokowi Posisi tertinggi yang ia tempati adalah Wakil Panglima TNI pada 1999-2000.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil (1996-1997), Asisten Operasi Kasum ABRI (1997-1998), Kepala Staf Umum ABRI (1998-1999), dan Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (1999).

Dalam perjalanan kariernya, Fachrul pernah meneken surat rekomendasi pemecatan Letjen (Purn) Prabowo Subianto saat menjadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP).

Namun ia menyebut hal itu tak membuat hubungannya dengan Prabowo terganggu. Ia pun menyatakan siap bekerja sama dengan Prabowo dalam kabinet ini. " Saya dengan Pak Prabowo biasa-biasa saja. Kalau ketemu pelukan, makan sama-sama, enggak ada yang aneh. Memang masalah kedinasan, pribadi tak terganggu," kata Fachrul, Selasa kemarin.

Setelah pensiun dari dinas militer, Fachrul menempati posisi komisaris utama di sejumlah perusahaan yaitu PT Aneka Tambang dan CP Prima.

Ia juga tercatat sebagai komisaris holding company di PT Toba Sejahtera, perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh eks Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu, Fachrul juga cukup aktif di dunia politik. Ia bersama sejumlah purnawirawan TNI lainnya sempat bergabung dalam Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang dibentuk eks Panglima ABRI Wiranto. Dalam dua Pemilu terakhir, Fachrul juga tercatat masuk dalam barisan jenderal pendukung Jokowi. Ia bahkan dipercaya memimpin Tim Bravo-5 yang berisi para purnawirawan pendukung Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fachrul Rozi, Mantan Wakil Panglima TNI yang Kini Memimpin Kemenag", 

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved