Tingkatkan Produksi Rumput Laut, ACIAR Gelar Rapat Tahunan

Kegiatan tersebut dilaksanakan hingga 16 Oktober 2019 di Hotel Aston Makassar yang dihadiri berbagai instansi dan project donor baik dari dalam maupun

Tingkatkan Produksi Rumput Laut, ACIAR Gelar Rapat Tahunan
mawan
Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) menggelar rapat tahunan dan review proyek “Peningkatan Produksi dan Peluang Pengolahan Rumput Laut di Indonesia”, Senin (14/10/ 2019) 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM, -- Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) menggelar rapat tahunan dan review proyek “Peningkatan Produksi dan Peluang Pengolahan Rumput Laut di Indonesia”, Senin (14/10/ 2019). 

Kegiatan tersebut dilaksanakan hingga 16 Oktober 2019 di Hotel Aston Makassar yang dihadiri berbagai instansi dan project donor baik dari dalam maupun dari luar negeri. 

Beberapa instansi dan project donor yang hadir di antaranya, ACIAR Canberra, BBRP2BKP Jakarta, LPPBRL Gorontalo, BPBAP Takalar, USC Australia, UNHAS Makassar, Asosiasi Rumput Laut (ASPPERLI, ASTRULI dan ARLI) dan beberapa project donor Australia yang bekerja pada pengembangan dan pengolahan rumput laut di Indonesia. 

Review proyek dan rapat tahunan terdiri dari dua sesi yaitu review proyek/rapat tahunan dan kunjungan lapangan ke lokasi pengembangan rumput laut

Pada sesi review proyek akan diisi oleh presentasi-presentasi oleh kompeten di bidang rumput laut dalam hal peningkatan produksi sektor rumput laut dan sejauh mana proses pengembangan rumput laut sekarang ini. 

Sedangkan pada sesi kunjungan lapangan akan melihat hasil dari proses pengolahan rumput laut menjadi produk olahan makanan yang telah lama dikembangkan oleh masyarakat setempat. 

Rangkaian review proyek dan rapat tahunan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pengembangan rumput laut yang berkelanjutan. 

"Dalam pandangan kami, teknologi, edukasi dan training serta penelitian yang sudah ada harusnya bersinergi, serta dapat menghasilkan produk olahan makanan yang berasal dari rumput laut yang sudah ada di masyarakat," jelas Project Scientist ACIAR, Imran Lapong, dalam rilisnya. 

Dijelaskan kerjasama tersebut sangat ideal dalam proses peningkatan produksi dan peluang pengolahan rumput laut di Indonesia. 

"Harapan kami ke depan, semoga dapat memberikan wawasan dan semangat baru bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pengolahan dan pengembangan rumput laut di Indonesia," terangnya.(*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved