RILIS

Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang untuk Serap Kedelai Petani

Kepala Divisi Pengadaan Pangan Lain Badan Urusan Logistik ( Bulog ), Yayat Hidayat Fatahillah mengatakan, mendukung upaya Kementerian Pertanian RI

Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang untuk Serap Kedelai Petani - kedelai-kementan-1-1992019.jpg
DOK KEMENTAN RI
Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang untuk Serap Kedelai Petani - kedelai-kementan-2-1992019.jpg
DOK KEMENTAN RI
Dukung Kementan, Bulog Bangun Gudang untuk Serap Kedelai Petani - kedelai-kementan-4-1992019.jpg
DOK KEMENTAN RI

TRIBUN-TIMUR.COM - Kepala Divisi Pengadaan Pangan Lain Badan Urusan Logistik ( Bulog ), Yayat Hidayat Fatahillah mengatakan, mendukung upaya Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) dalam menyerap kedelai petani yang memasuki musim panen dengan membangun gudang khusus kedelai.

Dengan demikian, Bulog siap menyerap kedelai petani sehingga harga tidak jatuh atau menguntungkan petani.

"Sebagai langkah memasuki panen kedelai di beberapa wilayah di Indonesia, Bulo siap menyerap kedelai petani, terutama di sekitar daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Yayat Hidayat Fatahillah pada Rakor Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Aneka Kacang dan Umbi ( Akabi ) Tahun 2019 dan Persiapan Tahun 2020 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/9/2019).

Demikian siaran pers Kementan kepada Tribun-Timur.com, Kamis (19/9/2019).

Yayat Hidayat Fatahillah menjelaskan, Bulog telah membangun gudang khusus untuk kedelai yang lokasinya ada di Banyumas dan Sidoarjo dengan kapasitas masing-masing 3.500 ton.

Baca: Kementan Perkenalkan Cara Jitu Basmi Siput Murbai, Aman dan Alami

Gudang tersebut tidak hanya bangunan biasa, namun gudang tersebut sudah dilengkapi dengan Dehumidifier dan Pneumatic Conveyor.

“Jadi alat tersebut gunanya untuk mengatur kelembapan dan untuk mempecepat pembongkaran. Kami manfaatkan teknologi ini agar kedelai yang di gudang tidak cepat rusak,” katanya menjelaskan.

 Dehumidifier menambahkan, rencana selanjutnya, Bulog akan membuat gudang kedelai di lokasi sentra lain di daerah Grobogan, Jawa Tengah.

Pasalnya, Grobogan merupakan sentra kedelai, sehingga akan dibangun gudang.

"Kami akan buat satu lagi di sana (Grobogan). Kapasitasnya sama lah seperti yang di Banyumas dan Sidoarjo sekitar 3.500 ton,” ujarnya.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved