Polda Sulsel Dalami Lima Kasus Tambang Galian C di Maros, Bupati Dipanggil?

Pasalnya, kata Direskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono tercatat ada lima kasus atau laporan yang saat ini didalami setelah penyidik

Polda Sulsel Dalami Lima Kasus Tambang Galian C di Maros, Bupati Dipanggil?
darul/tribun-timur.com
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel terus menyelidiki laporan warga Maros, tentang tambang bahan galian C di wilayah Maros.

Pasalnya, kata Direskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono tercatat ada lima kasus atau laporan yang saat ini didalami setelah penyidik terima laporan.

"Soal kasus galian C di Maros itu, ada lima kasus yang sementara penyidik melakukan penyelidikan," ungkap Kombes Yudhiawan di lobi Polda, Kamis (12/9/2019) siang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Enrekang Buka Pelatihan BT&CLS; For Nurse

Pasca PDIP, Harmil Mattotorang juga Incar Partai Lain

Iqbal Suhaeb Harap Satuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkatkan IPM

Kata Kombes Yudhiawan, mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hal itu terus didalam karena dipastikan kasus tambang galian C Maros dipastikan ilegal.

"Iya, itu dipastikan adalah ilegal. Nanti kita dalami dulu izinnya sampai dimana, karena ini kan ada lima kasus galian C di Maros yang diselidiki ijinnya," kata Yudhiawan.

Penyidik Subdit IV Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Sumdaling) Polda mengakui, dari lima kasu tersebut ada di tiga wilayah, yaitu Tanralili, Tompobulu dan Mocongloe.

Sidak anggota DPRD Maros di lokasi tambang Moncongloe Maros, Senin (8/7/2019)
Sidak anggota DPRD Maros di lokasi tambang Moncongloe Maros, Senin (8/7/2019) (DPRD Maros/Hasmin Badoa)

"Dari lima galian itu, tentunya tidak ada ijin dari pemerintah daerah (Pemda). Ini tetap didalami kalau itu (pembiaran), semuanya itu dipastikan ilegal," tambah Yudhiawan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan, penyidik Ditreskrimsus masih menelusuri kelengkapan administrasi soal perijinan.

Selain itu juga, tim penyidik Ditredkrimsus Polda Sulsel juga akan menggandek saksi ahli untuk mengkaji tentang dampak dan kerugian lingkungan dari hasil galian itu.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Enrekang Buka Pelatihan BT&CLS; For Nurse

Pasca PDIP, Harmil Mattotorang juga Incar Partai Lain

Iqbal Suhaeb Harap Satuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkatkan IPM

Lanjut Dicky, karena jika adanya ditemukan kerusakan lingkungan maka pihak penyidik segera lakukan pemanggilan, pemeriksaan, gelar perkara dan penetapan tersangka.

Halaman
12
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved