Dinas Perindustrian Sulsel Dukung Program Making Indonesia 4.0

Roadshow ini merupakan salah satu langkah Kementerian Perindustrian mensosialisasikan program Startup 4

Dinas Perindustrian Sulsel Dukung Program Making Indonesia 4.0
fahrizal/tribun-timur.com
Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan menggelar Roadshow Seminar Startup 4 Industri, di Makassar, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan menggelar Roadshow Seminar Startup 4 Industri di Makassar, Selasa (10/9/2019).

Roadshow ini merupakan salah satu langkah Kementerian Perindustrian mensosialisasikan program Startup 4, yang akan menjadi gerakan transformasi digital industri kecil dan menegah (IKM) dengan solusi teknologi startup.

Baca: Dinas Perindustrian Sulsel Buka Program Inkubasi Bisnis Startup 2019

Baca: Pengusaha Ini Disebut Berperan dalam Pengembangan Industri Kecil di Sulsel

Baca: Lokakarya Kurikulum Era Industri 4.0 Unimerz Dihadiri Ratusan Peserta

Program Making Indonesia 4.0 Startup 2019 l, dengan tema Startup 4 Industry 2019 telah diluncurkan 30 Agustus 2019 lalu, dan akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia.

Direktur Industri Kecil, Menengah, Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian, Endang Suwartini menjelaskan, implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan pada IKM.

"Namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta yang terpenting adalah komitmen dari IKM itu sendiri," kata Endang di Makassar.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel Ahmadi Akil mengatakan, Sulsel telah mendukung program Making Indonesia 4.0.

Beberapa program sudah dijalankan, prioritasnya adalah meningkatkan kualitas SDM pelaku IKM, mengundang pelaku startup di Sulsel yang diikutkan program inkubasi bisnis teknologi startup selama satu tahun.

"Start up ini diharapkan akan menghasilkan aplikasi atau platform yang bermanfaat bagi peningkatan industri di Sulawesi Selatan, khususnya di sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan jasa," terangnya.

Menantu Jokowi Bobby Nasution Bidik Walikota Medan
Menantu Jokowi Bobby Nasution Bidik Walikota Medan (tribunnews)

Ia meminta pelaku IKM di Sulsel harus terus berinovasi, dan mengajak para startup yang kebanyakan anak muda untuk bersama-sama berkolaborasi dalam mengatasi persoalan-persoalan industri di daerah.

"Salah satu komitmen dari Dinas Perindustrian Sulsel untuk memperkuat ekosistem inovasi di daerah adalah mendirikan inkubator bisnis yang bernama IBTIE Sulsel, yang telah berjalan dua tahun terakhir," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved